Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Karhutla

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Benyamin Pasambe. Foto/IST

POSSINDO.COM, Seruyan - Upaya pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat desa untuk memaksimalkan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dengan membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di setiap desa, ditanggapi Positif oleh Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Benyamin Pasambe.

“Dengan diisi oleh relawan-relawan masyarakat desa serta dibantu peralatan yang memadai maka penanggulangan karhutla di lapangan akan bisa direspon dengan cepat. Sehingga jika terjadi titik api, dalam hitungan menit saja kan bisa dipadamkan,” ungkap Benyamin pada selasa (18/04/2023)

Politisi Gerindra Seruyan ini mengatakan, keterlibatan masyarakat desa memang hal yang penting dalam masalah penanggulangan karhutla. Terlebih dengan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) oleh BPBD setempat di setiap desa akan memudahkan Upaya pencegahan.

“Kita dukung upaya pencegahan untuk penanganan karhutla. Dulu yang jadi kendala di desa-desa adalah keterbatasan sarana dan prasarana untuk melakukan pemadaman. Jadi dengan adanya upaya ini diharapkan masalah tersebut bisa diatasi,” tandasnya. (Sam)

Editor : Tuah


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال