170 Peserta Perkuat Kontingen Pulang Pisau Ikuti FBIM 2023

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta mewakili Bupati Pulang Pisau melepas kontingen untuk mengikuti FBIM Provinsi Kalimantan Tengah. Foto/ DISKOMINFOSTANDI PULANG PISAU

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Bupati Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang (17/5/2023) mengungkapkan sebanyak 170 peserta perwakilan dari Kabupaten Pulang Pisau diharapkan bisa memberikan yang terbaik dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang diselenggarakan 21-27 Mei 2023 di Palangka Raya Kalimantan Tengah.

"FBIM 2023 merupakan rangkaian acara promosi budaya dan pariwisata yang dimiliki Kalimantan Tengah. Melalui festival budaya ini diharapkan sekaligus bisa dijadikan sebagai alternatif promosi tentang keberadaan destinasi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pulang Pisau," kata Pudjirustaty.

Lanjutnya, FBIM ini adalah wahana yang bisa dijadikan tempat menunjukan kemampuan para peserta dari kabupaten setempat dalam menampilkan berbagai kreativitas melalui bidang seni dan budaya.

Pudjirustaty berpesan, untuk para kontingen yang mengikuti festival budaya FBIM 2023 diharapkan tetap bisa menjaga dan memelihara nama baik Kabupaten Pulang Pisau dengan terus meningkatkan kredibilitas di tingkat provinsi maupun nasional dan menjaga kebersamaan serta kekompakan.

Ia menegaskan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Para peserta juga harus menjaga kesehatan sehingga saat mengikuti FBIM dalam keadaan kondisi yang fit dan prima. Menurutnya, ada hal yang lebih penting dalam FBIM ini, dimana peserta dari kabupaten setempat  bisa meningkatkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal agar bisa memberikan nilai tambah sehingga minat wisatawan lokal maupun dari mancanegara mau berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau.

Pudjirustaty menambahkan, untuk kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang ditunjuk menjadi koordinator masing-masing cabang lomba diharapkan untuk tetap mendampingi dengan serius. Hal tersebut bertujuan agar para kontingen bisa memberikan hasil yang terbaik.

Ia juga berharap, melalui FBIM 2023 bisa membangkitkan dan menggali semangat budaya serta menciptakan berbagai kreasi dan bisa melestarikan kesenian yang dimiliki Kabupaten Pulang Pisau.

Perlu diketahui keikutsertaan Kabupaten Pulang Pisau telah tertuang berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor : 556/065/11/Disbudpar Palangka Raya tanggal 27 Februari 2023 serta Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 136 Tahun 2023 tanggal 11 Mci 2023 tentang Pembentukan Kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kabupaten Pulang Pisau Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Peserta FBIM  dilepas simbolis dari kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pulang Pisau oleh Sekretaris Daerah Tony Harisinta. Kontingen berjumlah 170 peserta terdiri dari 24 orang panitia/ oficial dengan 146 peserta untuk mengikuti 24 cabang perlombaan.

Untuk cabang yang dilombakan dan dipentaskan diantaranya tari-tarian, olahraga tradisional, dan kearifan lokal Kalimantan Tengah serta sajian khas kuliner yang juga diikutsertakan dalam FBIM. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال