Bahaya dikonsumsi, Air Sungai Kahayan Tercemar Bakteri E Coli

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Veronica Lenny Puspasari. Foto/IST

POS SINDO.COM,Pulang Pisau – Warga yang tinggal dipinggiran daerah aliran sungai (DAS) Kahayan, Kabupaten Pulang Pisau yang biasanya kerap menggunakan air sungai diimbau untuk terlebih dahulu melakukan pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Veronica Lenny Puspasari pada kamis (11/05/2023) tadi bahawa kondisi air sungai Kahayan masuk kategori tercemar ringan.

“Jadi pada bulan maret lalu kita sudah mengambil dan melakukan uji lab pemeriksaan air sungai di DAS Kahayan. Hasilnya air sungai kita tercemar kelas dua atau masuk kategori ringan,” ungkap Veronica pada media ini.

Dikatakan dirinya, kandungan bakteri Escherichia coli (E. coli) yang yang mencemari sungai diduga akibat kebiasaan warga BAB di sungai, terlebih saat ini keberadaan jamban atau kakus dipinggiran sungai Kahayan dianggap masih cukup banyak.

“Bakteri E. coli itu bisa menyebabkan sakit perut, seperti kena diarea. Karena itu warga pinggiran sungai kita imbau melakukan pengolahan terlebih dahulu, jangan mengkonsumi langsung dari sungai,” imbaunya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال