Camat Kahayan Tengah Imbau Warga Waspadai Karhutla!

 

Camat Kahayan Tengah, Siswo. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Camat Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Siswo (23/5/2023) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap mewaspadai dan mencegah timbulnya terjadi kebakaran hutan lahan (Karhutla).

Untuk saat ini, kata dia, pihaknya bersama TNI, POLRI serta instansi terkait lainnya di setiap desa-desa, selalu melakukan koordinasi dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan pencegahan Karhutla. Upaya pencegahan dini bersifat himbauan, juga mulai diterapkan agar tidak menimbulkan Karhutla.

"Dari sebanyak 14 desa yang ada di Kecamatan Kahayan Tengah hampir seluruhnya dipastikan memiliki tingkat titik kerawanan terjadi kebakaran hutan dan lahan dikarenakan tekstur wilayah tanahnya hampir semuanya berpasir," kata Siswo.

Menurutnya, hanya ada dua desa yang memiliki tekstur tanah gambut tinggi yaitu Desa Tanjung Sanggalang dan Desa  Penda Barania. Meski demikian, semua desa berpotensi besar apabila terjadi kebakaran lahan sehingga perlu adanya kesadaran masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di saat berkebun atau membuka lahan.

Kondisi saat ini yang telah memasuki musim kemarau, kata dia, pontensi terjadinya kebakaran pasti lebih mudah dan perlu diketahui bahwa tidak mungkin ada api besar jika tidak ada yang memulainyaseperti hal sepele dalam membuang puntung rokok sembarang tempat. Apabila suhu cuaca panas tinggi dibarengi buangan puntung rokok yang menyala akan menimbulkan api.

Dirinya mengungkapkan, sejauh ini tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga terjadinya kebakaran lahan dan hutan dinilai cukup baik, tetapi sebuah kelalaian apabila diabaikan tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

Penerapan sosialisasi juga telah berjalan. Dikatakan Siswo, seperti pemasangan spanduk imbauan telah disebar disejumlah titik jalan desa-desa. Kesiapan alat pemadam yang dimiliki oleh Masyarakat Peduli Api (MPA) sudah cukup lengkap dan telah diserahkan ke setiap pemerintah desa untuk menggerakkan pencegahan Karhutla.

Siswo berharap, masyarakat bisa saling menjaga dan tidak lalai dalam kewaspadaan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Upaya sosialisasi disetiap desa-desa yang ada di Kecamatan Kahayan Tengah juga terus digerakkan. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال