Camat Kahayan Tengah: Maknai Hadiknas Momentum Merdeka Belajar

 

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan di Kecamatan Kahayan Tengah.

Camat Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Siswo (2/5/2023) mengungkapkan Peringatan Hari Pendididkan Nasional (Hardiknas) adalah momentum bangkitnya dunia pendidikan melalui merdeka belajar dan belajar yang menyenangkan.

Dikatakan Siswo, peringatan Hardiknas Tahun 2023 khususnya di wilayah Kecamatan Kahayan Tengah sudah berkembang dan maju baik dalam penyelenggaraan maupun pengelolaan pendidikan.

Siswo memaparkan penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan di wilayah kecamatan setempat, termasuk jenis satuan pendidikan yang dikelola pemerintah daerah maupun masyarakat berupa yayasan, perhimpunan, hingga perkumpulan pendidikan telah menunjukan pada grafik kemajuan.

Siswo yang memiliki latar belakang guru atau tenaga pendidik ini menyampaikan, komponen ini pembangunan sektor pendidikan tidak lepas dari beberapa hal diantaranya adalah tenaga pendidik, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana serta pengembangan karir, peningkatan kesejahteraan, dan perlindungan terhadap para guru.

Lanjutnya Siswo, kemampuan peserta didik atau siswa dikembangkan dengan terus memfasilitasi pengembangan potensi, bakat, dan minat siswa dengan berbagai fasilitasnya termasuk memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa yang berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu.

Lebih lanjut dikatakan Siswo pengembangan kurikulum yang mengedepankan karakter dan kompetensi peserta didik, tersedianya buku-buku pelajaran dan sarana lainnya adalah sebagai penunjang pengembangan peserta didik.

Menurutnya  Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau  terus berusaha meningkatkan aksesibilitas atau pemerataan kepada peserta didik dalam memperoleh layanan pendidikan, peningkatan kualitas atau mutu pembelajaran, dan kualitas lulusan. Selain itu peningkatan pengelolaan satuan pendidikan, sehingga merdeka belajar dapat mewujudkan masyarakat Pulang Pisau yang cerdas.

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kecamatan Kahayan Tengah  dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bukit Liti yang  diikuti seluruh guru dan peserta didik mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. (Penulis: HERI WIDODO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال