Dewan Harapkan BUMDes Bisa Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Desa

Anggota DPRD Seruyan, Benyamin Pasambe. Foto/IST

POSSINDO.COM, Seruyan - Kucuran Dana Desa  diharapkan bisa mendukung berdirinya Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES) yang kuat. Sehingga mampu mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat pedesaan. Apalagi berbagai potensi usaha kini dinilai merata dimiliki oleh setiap desa. Hal itu di ungkapkan Anggota DPRD Seruyan, Benyamin Pasambe pada Jumat ( 12/05/2023) tadi.

“Jadi di Dana Desa itu kan memang ada posnya untuk mendirikan Bumdes. Nah harapan kita, Kades dan perangkatnya harus jeli menilai didesa mereka punya potensi usaha apa saja. Setiap desa beda teretorial, geografi dan keadaan alamnnya begitu juga dengan potensi usaha. Nah Bumdes diharapkan bisa hadir disitu menjembatani usaha masyarakat tadi,” Ujar Politisi Gerindra Seruyan ini.

Dikatakan Pasambe, dirinya sudah melihat sudah ada beberapa jenis usaha yang dikembangkan oleh masyarakat dan punya potensi jika kelola secara massal. Selain bisa menjadi pemasukan keluarga, usaha yang dibantu Bumdes juga bisa mengharumkan nama Desa tersebut. Selama ini kelemahan pengusaha kecil disebut suhardi adalah kurang membuka diri.

“Misalkan saja didaerah pesisir seruyan itu berpotensi hasil tangkap ikan bagus sekali disana. Begitu juga dengan hasil perkebunan kelapanya. Sayangnya hingga kini dikatakan belum nampak ada Bumdes yang begitu serius menekuni usaha pengolahan ikan yang inovatif. Padahal kebutuhan ikan kan terus naik,” tuturnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال