Dinsos Pulang Pisau Perkuat Peningkatan SDM Tagana Muda

 

Para calon personel Tagana muda mengikuti pelatihan dasar peningkatan SDM yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial. Foto/ POSSINDO.COM

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Eknamensi Tawun (25/5/2023) mengatakan pelatihan dasar bagi calon anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muda adalah sebagai upaya peningkatan kapasitas dan  kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dalam melaksanakan tugas penangulangan bencana.

Dikatakan Eknamensi Tawun, sebanyak 20 orang calon anggota Tagana muda yang mengikuti pelatihan berasal dari lima kecamatan. Sebanyak tujuh orang berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir, empat orang dari Kecamatan Maliku, dua orang dari Kecamatan Pandih Batu, empat orang dari Kecamatan Kahayan Kuala serta tiga orang dari Kecamatan Sebangau Kuala.

"Dinas Sosial melalui Tagana selalu berperan aktif dalam hal penanganan bencana. Tagana merupakan relawan atau sukarelawan yang memiliki  rasa keperdulian yang tinggi dan selalu aktif dalam penanggulangan bidang perlindungan sosial," kata Eknamensi Tawun.

Dirinya mengatakan, keberadaan Tagana merupakan sebuah potensi sumber kesejahteraan sosial dan merupakan modal strategis berbasis masyarakat dalam sistem penanggulangan bencana sehingga mewujudkan profesionalisme palaksanaan penanggulangan bencana perlu peningkatan kualitas dan kuantitas dari personel Tagana.

Tujuan dilaksanakan pelatihan dasar calon anggota Tagana muda ini, ungkap Eknamensi, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, memiliki sifat kemandirian dalam beradaptasi dan selalu siap menghadapi  ancaman bencana yang sewaktu-waktu yang bisa terjadi dengan sejumlah situasi dan kondisi di lapangan yang dihadapi.

Lanjut dikatakanya, bahwa Tagana bertugas melaksanakan penanggulangan bencana mulai dari  tanggap darurat, maupun pasca bencana, selain  tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya. Tagana juga mempunyai peran penting dalam pengelolaan logistik, dapur umum, serta penanganan lainnya dalam situasi darurat.

Melalui pelatihan ini, jelasnya, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anggotanya dalam menghadapi bencana serta mampu meningkatkan profesionalisme pengaturan maupun pelaksanaan tugas penanggulangan bencana. Selain itu  menciptakan personel Tagana yang terlatih dan tangguh serta terdepan dalam hal penanganan bencana dan kegiatan sosial lainnya, serta sebagai salah satu bagian dan mitigasi bencana dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas SDM bagi calon anggota Tagana.

Ditambahkan Eknamensi Tawun, melalui pelatihan bagi calon Tagana muda ini secara otomatis menambah jumlah personel Tagana di tiap-tiap kecamatan disesuaikan dengan kondisi, serta mempermudah dan mempercepat informasi dalam setiap kegiatan penanganan bencana yang mungkin terjadi di masing-masing wilayah. (Penulis: HERI WIDODO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال