Disbudpar Pulang Pisau Apresiasi Pokdarwis Buka Destinasi Wisata Pantai Cemantan

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Bakhzar Efendi.

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Bakhzar Efendi (4/5/2023) memberikan apresiasi kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa setempat terhadap antusias dan keinginan untuk membuka wisata pantai Cemantan yang ada di pesisir laut menjadi salah satu destinasi wisata.

"Usai menunggu waktu panjang terhadap keinginan masyarakat di desa setempat dalam pengembangan lokasi wisata berpotensi, saat ini telah mendapatkan titik terang terhadap keberanian Pokdarwis desa setempat. Destinasi pantai Cemantan sudah bisa ditawarkan kepada para wisatawan untuk berkunjung," kata Bakhzar.

Ia mengakui, jika pantai Cemantan yang menjadi salah satu potensi destinasi wisata ini dibuka dan terus ditingkatkan, dipastikan bisa memiliki dampak yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk lokasinya yang tidak jauh dari ibukota Provinsi Kalimantan Tengah. Meski akses darat yang masih sulit dilalui, tetapi pemerintah setempat secara perlahan terus berupaya melaksanakan peningkatan jalan menuju Desa Cemantan.

Keberadaan Pokdarwis dalam pengembangan wisata, terang Bakhzar, merupakan ujung tombak dalam meningkatkan dan membantu perekonomian masyarakat. Apalagi selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, kunjungan wisatawan mulai kembali ramai setelah pandemi COVID-19 mereda.

Bakhzar menjelaskan, melihat angka kunjungan wisatawan pada libur atau cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri mencapai 17 ribu pengunjung atau wisatawan. Capaian tersebut tentunya bisa menjadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kembali dan memajukan tempat-tempat destinasi wisata ke depan.

Keberadaan destinasi wisata yang ada di kabupaten setempat merupakan salah satu alternatif untuk membantu perekonomian masyarakat melalui bidang ekonomi kreatif. Sajian kuliner dan kerajinan tangan buatan masyarakat kabupaten setempat sebagai cindra mata khas oleh-oleh bagi para pengunjung bisa menjadi usaha kreatif bagi masyarakat.

Untuk kunjungan ke destinasi wisata selama libur lebaran, terang Bakhzar, hampir tersebar di seluruh kecamatan. Kecamatan yang mendominasi peningkatan pengunjung wisatawan lebih besar yaitu di Kecamatan Kahayan Tengah, Kecamatan Jabiren Raya, dan Kecamatan Kahayan Hilir.

Dari ketiganya itu dikarenakan merupakan daerah yang lokasinya masih terjangkau dari pusat ibukota Provinsi Kalimantan Tengah Palangka Raya. Bakhzar berharap, setelah dibukanya wisata pantai Cemantan bisa membawa dampak positif bagi Pokdarwis bersama masyarakat untuk bisa lebih meningkatkan destinasi pariwisata di Kabupaten Pulang Pusau. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال