Distan Pulang Pisau Dorong Peternak Terapkan Adlibitum Memasuki Musim Kemarau

 

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Ibrahim. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Godfridson melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Ibrahim (17/5/2023) mengatakan bahwa memasuki musim kemarau dengan kondisi cuaca panas  saat iini yang perlu diperhatikan para peternak salah satunya dengan menerapkan cara pemberian makan dan minum secara lebih atau biasa disebut adlibitum.

"Pada dasarnya pertumbuhan kesehatan pada ternak tergantung bagaimana cara merawatnya. Contohnya dengan menerapkan adlibitum ini sebagai cara agar ternak tidak kekurangan cadangan makanannya. Pola pemberian pakan diberikan dengan cara tidak dibatasi namun tetap terukur," kata Ibrahim.

Menurutnya, memasuki musim panas kondisi hewan jarang sekali terserang penyakit, asalkan ketersediaan minumannya selalu tersedia di kandang. Pemberian minum pada hewan unggas seperti ayam petelur, itik, dan lainnya bisa juga ditambahkan vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sering ditemukan, terang Ibrahim, mudahnya unggas terpapar sakit sampai menimbulkan kematian yang diakibatkan cara perawatan tidak dilakukan secara baik. Mulai dari pemberian pakan dan minum hingga kebersihan pada kandang. Untuk itu harus ada kedisiplinan dalam merawat ternak agar tetap tumbuh sehat.

Ibrahim mengatakan, adlibitum juga bisa diterapkan untuk ternak besar seperti, sapi, kambing, dan babi. Terkait kondisi cuaca saat ini, meskipun hewan tersebut lebih memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari ternak unggas, namun pola perawatannya tidak jauh berbeda. Apalagi untuk saat ini kondisi ternak besar seperti sapi di kabupaten setempat bisa dikatakan jauh dari wabah PMK yang sebelumnya sempat menyerang hewan di sejumlah daerah.

Pemantauan yang dilakukan Dinas Pertanian setempat, lanjut Ibrahim, masih terus dilakukan dengan menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak di setiap kelompok tani. Selain itu, penjagaan di setiap pintu masuk penyeberangan hingga kini masih dilakukan agar tidak terjadi penyebaran penyakit atau virus yang membahayakan pada hewan.

Dirinya mengatakan, Kabupaten Pulang Pisau adalah salah satu daerah yang di Kalimantan Tengah yang bisa mencegah terjadinya penyebaran PMK. Diharapkan kedepannya para peternak di kabupaten setempat bisa lebih berkembang dan Dinas Pertanian setempat juga terus memberikan bantuan kepada para peternak untuk mengembangkan usaha ternak dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال