DLH Pulang Pisau Jajaki Kolaborasi Pengelolaan Bank Sampah di Perkotaan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Pulang Pisau, Hendri Arroyo tengah berbincang dengan Ibu Ramining yang selama ini dikenal cukup berhasil dalam menjalankan pengolaan sampah melalui Bank Sampah. Foto/IST

POS SINDO.COM, PULANG PISAU – Penumpukan sampah yang kian hari terus bertambah dikhawatirkan akan menjadi sebuah masalah baru dikemudian hari jika tidak dikelola dengan baik. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Pulang Pisau, Hendri Arroyo pada sejumlah media beberapa waktu lalu.

“Untuk itu, kita tengah berusaha mencari formula yang cocok bagaimana agar sampah yang ad aini bisa terkelola dengan baik, sampahnya bisa bermanfaat dan bisa terurai. Salah satunya yang kami lakukan dengan membangun kerjasama dengan pihak bank sampah, yang memang berperan dalam mengurangi tonase sampah di perkotaan,” ungkap Hendri Arroyo.

Dirinya mengaku DLH Pulang Pisau sudah menjajaki Kerjasama dengan tokoh pengelola sampah yakni Ibu Ramining yang selama ini dikenal cukup berhasil dalam menjalankan pengolaan sampah melalui Bank Sampah.

“Kebetulan Ibu Ramining sendiri tinggal di Kabupaten Kapuas dan saat ini sudah beroperasi menjalankan pengolahan bank sampah di Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Jalan H Amur Rey III. Nah ini tentu kabar baik, kita ada rencana akan berkolaborasi untuk penanganan sampah di perkotaan” terang Hendri.

Meski baru tahap penjajakan dirinya optimis dalam waktu dekat, kolaborasi Bank sampah bisa berjalan dan diterapkan di Pulang Pisau. Terutama di wilayah perkotaan yang selama ini memang memiliki produksi sampah cukup tinggi.

“Nantinya sampah yang diproduksi akan bernilai dan harapannya tonase sampah akan bisa ditekan bahkan menjadi hal yang bermanfaat bagi Sebagian masyarakat kita, mohon doa dan dukungannya,” terang Hendri. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال