Indonesia dan Jepang Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Energi di Tahun 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yamada Kenji di di Detroit  pada Jumat (26/05/2023). Foto/ ekon.go.id

POS SINDO.COM, - Ekonomi - Untuk memperkuat hubungan regional dan global. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan State Minister for Foreign Affairs atau Menteri Luar Negeri Jepang Yamada Kenji di sela-sela pertemuan tingkat Menteri IPEF di Detroit pada hari Jumat (26/05/2023).

“Kami menghargai berbagai kerjasama ekonomi selama ini yang terjadi antara kedua negara, serta berharap dukungan penuh Jepang pada penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia sepanjang tahun 2023,” ungkap Menko Airlangga membuka pertemuan bilateral dengan Menteri Yamada Kenji.

Pertemuan ini diselenggarakan menjelang puncak penyelenggaraan IPEF Ministerial Meeting pada 27 Mei 2023, yang berlangsung di Detroit, AS. Pada pertemuan ini Menko Airlangga didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani.

Pertemuan antara Menteri Yamada dan Menko Airlangga berlangsung hangat, dan membicarakan berbagai isu strategis seperti transisi energi dan hubungan perdagangan antara kedua negara. Pertemuan juga membahas efektivitas kerangka Kerjasama ekonomi dalam IPEF guna mewujudkan kerjasama kawasan, serta posisi IPEF dalam konstelasi kerjasama di Indo-Pasifik.

Menteri Yamada menyampaikan bahwa pemerintah Jepang akan mendukung proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kalimantan Utara yang dilakukan melalui Kerjasama oleh PT. Kayan Hydro Plant dan Sumitomo Corporation. 

“Kami berharap proyek tersebut dapat mendukung Asian Zero Emission Community (AZEC)” Ujar Menteri Yamada. Menko Airlangga mengapresiasi kerjasama yang telah terwujud dan berharap implementasi PLTA Kayan dapat dilakukan dengan segera. ( Redaksi)

Sumber : ekon.go.id



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال