Kesbangpol Pulang Pisau: Jangan Lupakan PANCASILA!

 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau, Sugondo. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau Sugondo (31/5/2023) mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat tetap semangat memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni setiap tahunnya dan jangan melupakan Pancasila karena menjadi pedoman untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sugondo menjelaskan, Pancasila merupakan falsafah dan telah menjadi sebuah pandangan hidup bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Sugondo, dari kelima sila tersebut mempunyai makna penting yang harus tetap diingat oleh masyarakat. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati satu sama lain. Selain itu, bisa meningkat berbagai prestasi khususnya bagi generasi muda untuk mengharumkan nama baik negara Indonesia.

Pada hari lahir Pancasila 2023 yang mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" Kesbangpol Pulang Pisau sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dan apapun yang berkaitan dengan tugas-tugas pusat yang tidak bisa terlaksana di daerah, Kesbangpol setempat wajib melakukan pembinaan salah satunya mengenai pembinaan berbangsa dan bernegara.

Dalam pembinaan berbangsa dan bernegara ini, Kesbangpol Pulang Pisau juga terus memberikan kepemahan terhadap generasi muda tidak terkecuali kepada seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat. Sebagai generasi penerus bangsa harus bisa memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Sugondo mengatakan, hari lahir Pancasila memiliki nilai sejarah yang panjang, hal ini telah tertuang berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Momentum ini tentunya sangat diharapkan agar para generasi muda juga khususnya masyarakat Pulang Pisau jangan sampai dilupakan.

Lanjut dikatakan Sugondo, untuk peringatan hari lahir Pancasila 2023 di kabupaten setempat rencananya dibarengi dengan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke 66 tahun. Sebagai OPD terkait, Kesbangpol setempat juga telah melakukan segala persiapan pelaksanaannya.

Dikutip dari kemenkeu.go.id peristiwa hari lahir Pancasila dilatarbelakangi oleh tentara pendudukan Jepang di Indonesia yang berusaha menarik dukungan rakyat Indonesia dengan membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Pemilihan tanggal 1 Juni merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai BPUPKI dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.  Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.

Dalam sidang kedua BPUPKI, Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk "Lahirnya Pancasila" berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada 1 Juni 1945. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال