KPU Pulang Pisau Buka Posko Tanggapan Pemilu 2024 Untuk Masyarakat

 

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Yuliana (3/5/2023) mengatakan KPU setempat telah membuka Posko tanggapan masyarakat dalam Pemilu 2024 mendatang.

Dikatakan Yuliana, Posko tersebut digunakan untuk bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait adanya pengaduan atau pelaporan bagi masyarakat yang belum terdata namanya dalam daftar pemilih sehingga masyarakat tidak kehilangan hak suaranya.

Yuliana menjelaskan, Posko tanggapan ini telah disediakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa maupun kelurahan. Apabila ada masyarakat yang belum terdata nama dalam daftar pemilih, bisa datang langsung ke PPS ataupun ke KPU setempat yaitu dengan membawa persyaratan seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Menurut Yuliana, sebenarnya semua proses pendataan cukup mudah. Selain bisa datang langsung ke Posko tanggapan, masyarakat juga bisa melakukan pendataan melalui via aplikasi WhatsApp KPU setempat. Semua pendataan langsung ditindaklanjuti dan segera diproses.

Yuliana sangat mengapresiasi apabila ada tanggapan-tanggapan masyarakat seperti ini. Artinya, masyarakat mau ikut peduli dan berperan aktif untuk ikut serta mensukseskan pesta demokrasi yang semakin dekat.

Hingga saat ini, terang Yuliana, Posko di PPS di setiap desa dan kelurhan telah dibuka. Diharapkan juga kesadaran masyarakat untuk mengecek kembali data dirinya dalam hak suara. Apabila belum terdaftar, bisa segera melaporkan dirinya kepada PPS atau langsung ke KPU.

Yuliana berharap, partisipasi pemilih di Kabupaten Pulang Pisau bisa lebih meningkat dari Pemilu 2019 yang sebelumnya mencapai 82 persen partisipasi dari jumlah pemilih yang tercatat dalam DPT. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال