Kurangi Emisi: DKI Jakarta Tingkatkan Penghijauan di Kawasan Lahan Kosong

Penanaman pohon memanfaatkan lahan kosong oleh Pemprov DKI Jakarta. Foto : IST

POS SINDO.COM, Jakarta - Sebagai upaya mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota setempat, terus meningkatkan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon dan jenis sayuran.

Diketahui kegiatan penanaman dilakukan dengan memanfaatkan di kawasan lahan kosong, yaitu di bawah Tol Becakayu Duren Sawit Jakarta Timur, pada (19/5/2023) Jumat tadi.

Dari berita rilis PPID Jakarta, pada kegiatan penanaman pohon ini turut dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dalam kesempatannya dirinya ikut turut melakukan penanaman langsung bersama peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) serta pegawai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi DKI Jakarta.

Heru Budi Hartono mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan yang ketiga kalinya. Ada beragam jenis pohon dan tumbuhan sayuran-sayuran yang ditanam, seperti cabai, dan sayuran. Selain penghijauan juga ada budidaya ikan.

"Ini yang ketiga, setelah ini nanti geser ke looping-nya Jatinegara. Terus nanti saya minta Pak Kadis (Tamhut untuk menanam) di (Jakarta) Selatan, Utara, atau Barat. Kalau tadi saya menanamnya jambu," jelasnya.

Dirinya menjelaskan, tujuan utama kegiatan penanaman tersebut adalah untuk mengurangi emisi. "Iklim kita kan semakin panas, termasuk daerah Jakarta yang harus mengejar untuk menurunkan emisi. Upaya tersebut diharapkan bisa memberikan hasil positif dan manfaat besar di 4-5 tahun kedepan saat pohonnya sudah tumbuh.

"Jadi gerakan ini bisa mengurangi emisi, bisa mengurangi panas bumi yang semakin meningkat," tambahnya.

Heru Budi Hartono menganjurkan, kepada seluruh petugas hingga tingkat kelurahan untuk semakin gencar menanam bibit pohon produktif disekitar lingkungannya masing-masing. Sebab selain bisa berdampak untuk kelestarian lingkungan, upaya tersebut juga berguna bagi ketahanan masyarakat sekitar.

Dirinya mengimbau, untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa untuk terlibat aktif dalam melakukan penghijauan, baik dikawasan lingkungan sekitar tempat tinggal, maupun di lingkungan lain apabila masih tersedianya lahan kosong dan belum dimanfaatkan dengan optimal. (Arief Suseno)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال