Pemdes Desa Sebangau Permai Aktifkan Kembali BUMDes

 

Kepala Desa Sebangau Permai, Tirto Pramono. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Desa (Kades) Sebangau Permai Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Tirto Pramono (17/5/2023) mengungkapkan setelah sempat sekian lama “mati suri", pemerintah desa setempat mengaktifkan kembali Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat.

"Pengaktifan kembali BUMDes tidak lepas dari dorongan para warga maupun pihak terkait sehingga dari hal ini kahadiran BUMDesa bisa memakmurkan kehidupan warga dalam segi penghasilan, baik dari sektor pertanian, perkebunan, ataupun bidang ekonomi kreatif lainnya," kata Tirto Pramono.

Dirinya mengungkapan BUMDes ini harus kembali diaktifkan karena tidak sedikit warga yang masih merasakan kesulitan dalam menjual hasil panen. Seperti diketahui sebagian besar masyarakat setempat Desa Sebangau Permai hampir 90 persen mata pencahariannya berkebun karet dan sawit. Selain itu, untuk tanaman pendamping menanam jagung dan singkong.

Melalui kehadiran BUMDes ini, Tirto Pramono berharap, bisa membantu meningkatkan perekonomian warga khususnya dalam menjual Sapras pertanian dan perkebunan . Sebelumnya BUMDesa sempat berjalan melalui usaha foto copi, dan rencannya kedepan BUMDes bisa membuat pakan ternak atau pelet yang bahan bakunya diambil dari para petani setempat sehingga harga jual bisa menjadi lebih murah.

Tirto Pramono mengakui masih banyak  kendala yang dihadapi masyarakat petani adalah sulit dalam proses penjualan. Melalui peran BUMDes diharapkan bisa menampung hasil panen petani yang selanjutnya diolah menjadi berbagai produk untuk menaikan nilai jual.

Dirinya berharap, kedepannya berbagai program BUMDes ini bisa terus berjalan dan terus menciptakan inovasi baru serta bisa menjadikan peluang untuk membuka lapangan pekerjaan bagi generasi muda yang masih belum mendapatkan penghasilan tetap. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال