Penerima DAK Fisik Pendidikan Ditentukan Berdasarkan Kriteria Dapodik

 

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau, Misransyah. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Andriani melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Mohammad Misransyah (10/5/2023) mengungkapkan untuk memperoleh dana Alokasi Dana Khusus (DAK) fisik bidang pembangunan infrastruktur dan  sarana pendidikan harus sesuai prosedur dan persyaratan serta sesuai dengan kretaria dapodik yang ditentukan.

"Dalam penyusunan usulan perlu kecermatan dan memahami konteks penyusunan perencanaan tidak lepas dari persyaratan yang berlaku. Terutama mengenai data pokok pendidikan (Dapodik) karena Dapodik merupakan dasar untuk perencanaan kebijakan pendidikan, termasuk didalamnya adalah DAK fisik pendidikan," kata Misransyah.

Konsep tuntas dalam rencana kegiatan DAK fisik pendidikan, papar Misransyah, agar manfaat dari penyediaan infrastruktur pendidikan bisa dirasakan secara optimal dan peserta didik merasakan keberadaan gedung sekolah yang baik dengan berbagai fasilitas didalamnya.

Dikatakan Misransyah, untuk tahun 2023 Dinas Pendidikan setempat mendapatkan DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp13 Miliar yang diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur pendidikan sebanyak lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dua Sekolah Dasar (SD).

Misransyah menjelaskan, DAK bidang pendidikan dibanding tahun lalu mengalami penurunan, namun tidak signifikan. Sesuai data 2022 sebelumnya , DAK fisik bidang pendidikan sebesar Rp15 Miliar.  DAK fisik bidang pendidikan pada jenjang SD dan SMP telah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Dari sebanyak 40 usulan, hanya disetujui sebanyak tujuh sekolah yang terbagi sebanyak dua SD dan lima SMP.

DAK fisik pembangunan bidang pendidikan,kata Misransyah, diperuntukan kepada rehabilitasi gedung sekolah, laboratorium, sanitasi dan water closed (WC), perabot, serta perlengkapan lainnya. Melalui  konsep penyedian infrastruktur dan fasilitas yang tuntas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan proses pembelajaran yang berkualitas. (Penulis: HERI WIDODO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال