Pentas Manggatang Utus Perkuat Keanekaragaman Seni Budaya Dayak di Pulang Pisau


Damang Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, Saiful. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Damang Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Saiful (19/5/2023) mengatakan pagelaran pentas seni budaya Manggatang Utus merupakan salah satu upaya untuk mempupuk dan mengali lebih jauh lagi tentang khasanah seni dan budaya Dayak Kalimantan Tengah khususnya di kabupaten setempat.

"Ucapan terimakasih pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan sehingga gelaran pentas seni dan budaya adat Dayak yang ada di Kabupaten Pulang Pisau bisa terselanggara dengan baik dan lancar," kata Saiful.

Dikatakan Saipul, arti Manggatang Utus dalam bahasa Dayak Ngaju, Mangantang adalah mengangkat, sedangkan Utus berarti Keturunan. Apabila diartikan secara luas makna dari Manggantang Utus adalah mangangkat harkat martabat, adat istiadat, seni budaya atas warisan leluhur dalam kehidupan sehari - hari masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.

Saipul mengungkapkan pentas seni budaya Manggantang Utus jilid ke IV adalah untuk mengali dan melestarikan seni budaya warisan leluhur agar tetap lestari dan terjaga seiring pekembangan zaman. Menurutnya di Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah

memiliki potensi dalam bidang seni dan budaya. Makanan atau kuliner dan olahraga tradisional adat Dayak perlu mendapatkan tempat untuk diangkat ke permukaan sehingga apa yang menjadi warisan leluhur tetap terjaga dan dilestarikan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Bakhzar Effendi mengapresiasi kegiatan pentas seni dan budaya Manggatang Utus yang digelar kedamangan Jabiren Raya. 

Dikatakan Bakhzar Effendi kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan antar lembang adat kedamangan bersama pemerintah desa, kecamatan, hingga pemerintah kabupaten dengan melibatkan pemerhati maupun pelaku seni budaya, pengurus sanggar seni, serta lintas sektor lainnya.

"Selain melestarikan seni budaya warisan leluhur, pentas Manggatang Utus juga bertujuan untuk memperkenalkan kearifan budaya lokal, melestarikan masakan atau kuliner dan olahraga tradisional khas Kalimantan Tengah serta sebagai wadah memberikan motivasi para seniman lokal dalam berinovasi dan berkreasi sehingga dapat memberikan efek positif dalam menuju prestasi,"tukasnya. (Penulis: HERI WIDODO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال