Peran Bum Desa Dalam Majukan Kesejahteraan Masyarakat

Kepala DPMDes Pulang Pisau Herman Wibowo. Foto/IST

POS SINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala DPMDes Pulang Pisau Herman Wibowo menyampaikan jika Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) merupakan unsur penting bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa karena merupakan lembaga yang memiliki legitimasi di tingkat desa untuk mengoptimalkan pengelolaan asset dan pemanfaatan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Kehadiran Bumdesa diharapkan dapat menjadi sentral dan dapat memberikan penguatan terhadap pengembangan ekonomi masyarakat desa. Hal Tesebut disampaikan Herman Wibowo pada Selasa (30/05/2023) tadi.

“Keberadaan Bumdesa harus dapat memberikan nilai tambah bagi desa dan masyarakatnya, jika dikelola secara berkelanjutan, bukan mustahil Bumdesa akan menjadikan desa yang mandiri dan memiliki daya saing tinggi, “kata Herman.

Lebih lanjut Herman menyarankan, agar Bumdesa dapat dikelola secara profesional sehingga tidak hanya berfungsi sebagai unit usaha yang bergerak dalam bidang penyediaan kebutuhan sehari-hari, tetapi harus mampu menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah, dengan meningkatkan inovasi untuk menambah sumber pengahasilan baru untuk Bumdesa dan juga untuk kesejahtreraan masyarakat desa pada umumnya.

“Pendanaan operasional Bumdesa berasal dari Dana Desa. Untuk mendorong berkembangnya BUmdesa maka di perlukan berbagai pelatihan sepertti administrasi keuangan, pelatihan jejaring pasar, pelatihan pengembangan bisnis, dan pelatihan peningkatan jiwa kewirausahaan, “jelas Herman. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال