Peran BUMDes Dorong Perekonomian Desa

Anggota DPRD Seruyan Salidin. Foto/IST

POSSINDO.COM, Seruyan— Dalam mendorong sektor usaha dan ekonomi masyarakat desa, keberadaan Badan usaha milik Desa atau BUMDes diharapkan bisa mengambil peran. Terutama dalam mengelola potensi ekonomi desa. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Seruyan Salidin pada media ini Jumat (19/5/2023) tadi.

Disampaikan Politisi Nasdem Seruyan ini lagi, pihaknya sangat mendukung berdirinya BUMDes pada setiap desa yang ada diseruyan. Sehingga dengan hadirnya BUMDes berbagai potensi usaha bisa dikembangkan lebih serius, mengingat BUMDes lebih diuntungkan dengan permodalan dari Desa.

“Sudah seharusnya setiap desa memiliki BUMDes untuk dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Pengelola BUMDes harus bisa memunculkan potensi usaha yang ada didesanya baik itu sektor Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Jasa ataupun Kuliner. Semua usaha sama baiknya jika pasarnya sesuai,” ungkap Salidin.

Dikatakan Salidin memang diakui ada beberapa BUMDes yang nampak menonjol namun di desa lain ada juga yang tengah mati suri atau tidak aktif. Hal tersebut dikatakan dirinya karena pengelolaan manajemen yang belum siap. Untuk itu desa sebagai Lembaga induk BUMDes disarankan untuk meminta pendampingan pengelolaan BUMDes dari dinas terkait.

“Desa bisa saja minta pendampingan dari DPMDEs atau pendamping desa untuk memunculkan potensi ekonomi Desa dan juga proses pengelolaan manajemen yang baik. Jika memang digarap dengan serius maka kemajuan desa akan sangat bisa dilakukan,” ungkapnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال