Rakor Pengendalian Karhutla Pulang Pisau Tekankan Kesiapsiagaan Personel

 

Rapat koordinasi pengendalian Karhutla yang dilaksanakan BPBD bersama unsur terkait. Foto/ POSSINDO.COM

POSSINDO.NET, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Reliasi (24/5/2023) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menekankan pencegahan dan kesiapsiagaan personel agar terbangun kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam pencegahan Karhutla sehingga Kabupaten Pulang Pisau bebas dari kabut asap.

"Ada beberapa poin penting yang disampaikan diantaranya bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya langkah awal untuk memadukan pencegahan dan kesiapsiagaan, mulai dari membangun komunikasi untuk meningkatkan kapasitas kesiapan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah setempat," kata Reliasi.

Dikatakan Reliasi, dengan dilaksanakannya Rakor Karhutla di wilayah kabupaten setempat merupakan bentuk dari status kesiapsiagaan. Rapat koordinasi pengendalian Karhutla ini sekaligus bisa untuk menginventarisir seluruh program kegiatan pada OPD terkait dalam melakukan penyusunan perencanaan pengumpulan kapasitas dinas setiap daerah berupa data, informasi, sarana prasarana, dan logistik serta sumber daya manusia, baik dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah.

Menurut Reliasi, dari beberapa poin tersebut bisa memberikan gambaran penting bahwa upaya pengendalian Karhutla memiliki manfaat besar bagi keberlangsungan ekonomi. Upaya pencegahan perlu dilakukan agar tidak menghancurkan aktifitas mata pencaharian masyarakat apabila terjadi kabut asap.

Perlu diketahui, berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat Rakor nasional penanggulangan bencana di Sentul Bogor Jawa Barat pada 1 Maret 2023 lalu. Seluruh instansi pemerintah pusat maupun daerah harus bersama-sama bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan serta melakukan indentifikasi terhadap resiko di daerah rawan bencana sampai ke tingkat desa.

Reliasi mengajak, kepada seluruh pihak secara bersama-sama bisa ikut turut berupaya semaksimal mungkin dalam merealisasikan mitigasi kebencanaan.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan BPBD setempat ini dilaksanakan Aula Bappeda dan Litbang dihadiri FKPD, sejumlah kepala OPD, TNI, Polri, Camat, serta pihak terkait lainnya. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال