Waspada Penyakit Saat Cuaca Ekstrim!

 

Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dr Pande Putu Gina (11/5/2023) mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Kondisi cuaca ekstrem yang bisa sewaktu-waktu bisa terjadi saat ini diperlukan antisipasi untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit, salah satunya dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

"Cuaca yang terkadang sering mengalami panas hingga mencapai suhu 35 derajat Celcius yang kemudian berganti hujan secara tiba-tiba, disarankan kepada masyarakat agar tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh," kata Pande Putu Gina.

Lanjut dikatakannya, kondisi iklim di Provinsi Kalimantan Tengah termasuk Kabupaten Pulang Pisau masuk dalam tipe A, yaitu dengan iklim tropis yang lembab dan panas. Namun, terkadang cuaca sering berubah-ubah sehingga tidak menutup kemungkinan penyakit bisa menyerang kapan saja. Seperti disaat datangnya musim panas, penyakit yang sering ditimbulkan adalah dehidrasi yang diakibatkan efek dari sengatan panas.

Saat musim panas, kata dia, biasanya penyakit yang menyerang manusia adalah Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Penyakit ini mucul karena adanya virus umum yang mempengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran udara sehingga perlu diperhatikan dengan memperbanyak minum air putih.

Selain itu, terang Pande Putu Gina, cara menghadapi cuaca yang terbilang ekstrim adalah ketika sedang berpergian pada siang hari. Tidak diwajibkan menggunakan pakaian gelap, gunakanlah pakaian cerah agar tidak mudah menyerap panas akibat sengatan matahari.

Pande Putu Gina menambahkan, saat ini perubahan iklim masih sedang kita hadapi dan diwaspadai diantaranya penyakit yang berbasis lingkungan seperti diare dan Demam Berdarah (DBD). Untuk itulah pola menjaga hidup sehat harus diutamakan. (Penulis ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال