Alfian Mawardi Kunjungi Tokoh Kapuas TE Toepak

Ketua DPD KNPI Kalteng Alfian Mawardi disambut hangat TE Toepak saat berkunjung ke kediaman TE Toepak, Minggu (10/6/2023) sore tadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kuala Kapuas -Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Tengah (Kalteng) Alfian Mawardi mengunjungi salah satu tokoh masyarakat Kapuas Talinting Erik (TE) Toepak. Kunjungan yang dilakukan di kediaman Wakil Bupati Kapuas periode 2003-2008, Sabtu (10/6/2023) sore berlangsung penuh keakraban.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam itu, keduanya berdiskusi membahas banyak hal. Saat itu TE Toepak juga menyampaikan pandangannya tentang Kapuas. Menurut dia, Kapuas memiliki banyak potensi untuk memajukan Kabupaten Kapuas.

Untuk sektor pembangunan, ungkap dia, pada 2012 telah dimulai pembangunan Pelabuhan Laut Batanjung. “Keberadaan Pelabuhan Batanjung sebenarnya sangat potensial untuk memajukan Kabupaten Kapuas. Ini yang harus menjadi perhatian bersama dan ke depan harus dilanjutkan,” ungkap Toepak.

Selain itu, untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kapuas dahulu juga memiliki pabrik pupuk organik di Kecamatan Basarang. “Keberadaan pabrik pupuk ini sejalan dengan kondisi Kapuas yang merupakan daerah agraris dan sebagian besar penduduknya adalah petani. Keberadaan pabrik pupuk itu juga bisa menjawab kebutuhan pupuk bagi petani,” tambah dia.

Selain pabrik pupuk, Kabupaten Kapuas juga memiliki BUMD Danum yang memproduksi air mineral. “Dalam pengelolaan produksi air mineral, saat itu Bupati Kapuas Pak Burhanudin Ali mendatangkan peralatan dari Jepang,” beber Toepak.

Namun dia mengaku prihatin dua usaha BUMD itu saat ini tidak berjalan. “Menurut saya, apa yang telah dirintis oleh pemimpin pendahulu Kapuas itu dilanjutkan. Ini semua untuk kemajuan Kapuas. Kalau itu dapat berjalan dengan baik, saya yakin Kapuas mampu membuat lompatan pembangunan yang sangat baik,” ujar dia.

Saat itu TE Toepak juga sangat mengharapkan Rumah Betang di Sei Pasah bisa mendapat perhatian lebih maksimal. “Rumah Betang itu bisa menjadi salah satu tujuan wisata dan mendatangkan PAD untuk Kabupaten Kapuas. Untuk itu sarana prasarana penunjang, termasuk pelabuhan di kawasan itu bias ditingkatkan lagi,” harapnya.

Dia juga berharap, para pemuda turut andil dalam pembangunan di Kabupaten Kapuas. “Karena di tangan kalianlah estavet pembangunan daerah ini akan diserahkan. Pemuda harus ikut andil dan ambil bagian dalam pelaksanaan pembangunan,” tandasnya.

Sementara itu Alfian berterima kasih atas nasihat dan masukan dari tokoh masyarakat tersebut. “Kami dari para pemuda tentu sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dalam kiprah kami untuk kemajuan daerah ini. Terlebih, Bue (kakek) Toepak yang sebelumnya adalah seorang birokrat memiliki kiprah yang besar dalam pembangunan Kabupaten Kapuas,” kata Alfian. (Dar)

Editor : Dedy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال