Antisipasi Karhutla, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor Pimpin Apel Gabungan dan Cek Sarpras

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibno. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Untuk mengantispasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Kapuas. Pemerintah setempat menggelar Apel Gabungan pasukan.

Apel Gabungan dipimpin langsung oleh, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, yang diikuti anggota TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, BPK Mandiri dan lembaga masyarakat yang ada di Kapuas, di Stadion Pananjung Tarung Kuala Kapuas, Kamis (15/6/2023) pagi.

Dihadiri pula unsur Forkopimda Kapuas, sejumlah kepala perangkat daerah, para tokoh adat, tokoh masyarakat dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengungkapkan berdasarkan hasil kajian dan penilaian dari Badan Nasional Pernanggulangan Bencana (BNPB), Kabupaten Kapuas saat ini masuk menjadi salah satu kabupaten/kota yang berhasil keluar dari tingkat risiko sedang.

Namun demikian, kewaspadaan harus tetap dilakukan sebab, bencana bisa terjadi kapan saja.

"Kita harus tetap melakukan upaya pencegahan, dengan cara mengikuti langkah-langkah antisipasi penanganan bencana di daerah khususnya daerah-daerah yang memiliki resiko tinggi terhadap bencana termasuk bencana karhutla," ungkap Nafiah.

Sementara itu Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga menjelaskan, saat ini Kabupaten Kapuas telah memasuki puncak musim kemarau. Sebagaimana diketahui, akan selalu muncul hotspot dan kejadian karhutla di beberapa wilayah di Kabupaten Kapuas.

Oleh karena itu, Kabupaten Kapuas telah ditetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan selama 90 hari ke depan terhitung mulai 17 Mei 2023.

Dalam pencegahan dan penanganan karhutla, perlu adanya langkah kongkrit dari semua stakeholder guna mengantisipasi terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas dengan melakukan upaya pencegahan dan prevemtif melalui penyuluhan-penyuluhan, dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

"Dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada di tingkat kecamatan dan desa untuk melakukan patroli secara rutin dan terjadwal ke daerah-daerah yang rawan serta perlu adanya reaksi dan penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi karhutla sekecil apapun guna mengantisipasi agar tidak lebih besar," jelas Panahatan.

Usai melakukan apel gabungan, Plt Bupati bersama pimpina HM Nafiah Ibnor n yang ada di Kabupaten Kapuas melihat aktraksi gabungan untuk melakukan pemadaman api dan prosedur-prosedur yang dilakukan.

Serta, melihat secara langsung alat-alat yang dipergunakan oleh para petugas. Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan konvoi keliling Kota Kuala Kapuas menggunakan kendaraan motor petugas pemadam.(glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال