Bupati Pulang Pisau: Keberadaan Karang Taruna Harus Beri Manfaat Bagi Masyarakat

 

Pembukaan Kegiatan Temu Karya Kabupaten Pulang Pisau/ Foto POSSINDO.COM

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang mengingatkan bahwa keberdaaan Karang Taruna harus memperluas manfaatnya bagi masyarakat karena memiliki peran strategis sebagai salah satu mitra pemerintah yang kepengurusannya ada hingga di tingkat desa dalam pemberdayaan kepemudaan.

Melalui staf ahli Bidang Pembangunan, Hukum, dan Politik Iwan Hermawan dalam pembukaan Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau 2023, dirinya berharap hasil dari Temu Karya harus bisa menghasilkan keputusan yang terbaik bagi seluruh warga Karang Taruna di kabupaten setempat, serta dapat membawa angin segar menuju perubahan organisasi yang lebih baik dan berkualitas dengan memperluas manfaatnya bagi masyarakat.

Pudjirustaty mengucapkan terimakasih kepada organisasi perangkat daerah, camat, dan kepala desa di lingkungan pemerintah setempat yang telah memberikan ruang kepada para pemuda untuk berkarya didalam wadah Karang Taruna. Ruang tersebut bisa digunakan untuk menciptakan dan mewujudkan pemuda yang berkualitas, memiliki keterampilan, kreatif, dan inovatif, serta berdedikasi untuk memajukan desa dan pembangunan di kabupaten setempat.

Pudjirustaty juga mengajak organisasi-organisasi kepemudaan dan sosial kemasyarakatan lainnya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pulang Pisau dalam mengentaskan berbagai permasalahan sosial  sesuai peran dan bidangnya masing-masing.

Kepala Dinas Sosial Eknamensi Tawun menyampaikan bahwa Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial nonpartisan sebagaimana telah diamanatkan dalam Permensos No 25 Tahun 2019. Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda.

Karang Taruna, sebut Eknamensi, memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat terutama pada peningkatan potensi dan peran aktifnya generasi muda dalam pembangunan. Dirinya berharap warga Karang Taruna menjadi pekerja keras, patriot, dan pahlawan nasional dengan kerja nyata dan karya bakti dalam menyelesaikan setiap persoalan-persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Dikatakan Eknamensi, pelaksanaan Temu Karya ini sebagai agenda tertinggi dalam organisasi Karang Taruna sebagai langkah awal guna menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi ini ke arah lebih baik. Karang Taruna harus bisa menggali, mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian, serta penguatan integritas dan moral anak bangsa dan menjadi organisasi yang benar-benar memiliki dampak positif dalam kehidupan masyarakat. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال