Camat Pandih Batu Dukung Pemdes Hidupkan Bumdes Sesuai Potensi Desa

Camat Pandih Batu Dukung Pemdes Untuk Hidupkan Bumdes Sesuai Potensi Desa

POSSINDO.COM, Pulang Pisau – Dalam mendukung desa mandiri diperlukan peran dari berbagai pihak. Salah satunya adalah keberadaan Badan Usaha milik Desa atau Bumdes. Bahkan Bumdes sudah seharusnya berlandaskan kreatif dan Inovatif. Hal itu disampaikan Camat Pandih Batu Sarjanadi pada media ini kamis (15/06/2023) tadi.

Dikatakan Camat Sarjanadi pihaknya pun terus berkomitmen dalam mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) agar terus mendampingi Bumdes agar bisa menggali potensi yang ada di desa. Baik dari sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan sektor lainnya yang bisa mendatangkan bagi peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

” Tolak ukur keberhasilan Kepada Desa dalam membangun wilayahnya diantaranya bisa menciptakan situasi yang aman, rukun dan damai. Kemudian, Kades tersebut memiliki visi misi yang jelas. Kades harus mempunyai target yang jelas untuk menjadikan desa tersebut menjadi desa mandiri. Salah satunya dapat menghidupkan BUMDES atau KUD yang bisa mendongkrak dan mendapatkan pendapatan asli desa (PADes), ” ucap Sarjanadi.

Dilanjutkan dirinya, sejauh ini pihkanya juga sering memberikan saran dan masukan kepada para Kades agar memanfaatkan peluang sekecil apapun. Misalnya membangun kebun sawit, kebun pinang. Alhasil di Pandih Batu menurutnya sudah mulai muncul desa-desa yang mulai berinovasi.

“ Seperti ada yang sudah mulai menanam pohon pinang Batara dan kebun sawit. Potensi perkebunan tersebut dilirik karena dianggap memiliki nilai ekonomi yang bagus untuk jangka Panjang. Karena itu kita akan terus mendukung desa untuk berinovasi,” tukasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال