Dewan Pulpis Imbau Masyarakat Tidak Bakar Lahan di Musim Kemarau

Anggota DPRD Pulang Pisau, Amilson. Foto/IST

POS SINDO.COM, Pulang Pisau – Upaya dalam mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Anggota DPRD Pulpis, Amilson pada Kamis (08/7/2023) mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarang saat membuka lahan karena dapat memicu terjadinya karhutla.

“Kita imbau agar masyarakat yang akan membuka lahan untuk tidak melakukan pembakaran, terlebih saat sudah memasuki musim kemarau. Karena dikhawatirkan apinya bisa menyebar kemana-mana dan menjadi pemicu karhutla. Mohon pengertiannya demi kenyamanan bersama,” terang Politisi Nasdem Pulpis ini.

Dikatakan Amilson lagi, larangan membuka lahan dengan system bakar bahkan sudah dibuat dalam aturan resmi oleh pemerintah sehingga akan ada sanksi bagi yang melanggar. Sebagai solusi bagi petani yang akan membuka lahan dirinya mendorong dinas terkait untuk melakukan pendampingan.

“Karena pemerintah juga memberikan solusi dengan pertanian tanpa bakar, nanti para petani bisa secara berkelompok untuk meminta pendampingan pada dinas terkait. Bahkan jika memungkinan juga bisa minta bantuan pupuk, alsintan dan sebagainya agar hasil pertanian juga bisa maksimal,” tukasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال