Diskominfo Lakukan Penguatan Pelayanan Informasi Publik di Tiga Kecamatan Kabupaten Kapuas

Tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas yang dipimpin Sekretarisnya, Ansyari, melakukan kunjungan kerja untuk menyosialisasikan Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Kantor Kecamatan Kapuas Timur, (13/6/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama sosialisasikan tata cara permintaan informasi yang dilakukan masyarakat melalui PPID Pelaksana, yaitu di tingkat kecamatan.

Kegiatan tersebut sebagai wujud penguatan pelayanan informasi publik di Kabupaten Kapuas. Kali ini, Diskominfo Kabupaten Kapuas mengunjungi 3 kecamatan, yaitu Kapuas Timur, Kapuas Hilir dan Bataguh.

Mereka menjalankan sosialisasi yang dimaksud, bersama dengan tata cara pengelolaan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) kepada operator, serta aplikasi Kapuas Informasi Publik (KIP) www.kip.kapuaskab.go.id sebagai sarana pemberitaan kegiatan-kegiatan yang ada di Kecamatan.

Tujuannya, agar operator-operator yang ada di Kantor Kecamatan lebih memahami tentang pentingnya PPID untuk masyarakat agar bisa mendapatkan informasi yang mereka perlukan ini lebih mudah didapat dan tidak berbelit-belit karena dilayani lewat satu pintu.

"Dengan demikian, masyarakat tentunya bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cara mengikuti prosedur atau alur permohonan informasi yang telah disediakan," ungkap Ansyari.

Tidak hanya itu saja, sosialisasi yang dilakukan juga mencakup operator aplikasi lapor.go.id dari kecamatan.

Hal ini berguna sebagai penerima isi aduan untuk ditindaklanjuti, apabila terdapat aduan ataupun aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada kecamatan tersebut.

"Aplikasi lapor merupakan aplikasi yan dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan mengenai pelayanan publik tertentu," imbuh Ansyari.(glas)

 

Editor : Tuah



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال