Jelang Idul Adha 2023, DKP3 Balangan Periksa Sapi Kurban Milik Peternak

Tim dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan  Perikanan (DKP3) Balangan beserta pihak UPTD Puskeswan dan Perbibitan Balangan saat memeriksa Sapi milik peternak jelang Idul Adha 1444 H tahun 2023 tadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan – Untuk memberi rasa aman dan nyaman pada masyarakat yang akan merayakan Idul Adha, terutama dalam memilih dan mengkonsumsi hewan ternak sapi dan kambing. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) melalui bidang Peternakan sapi turun lapangan melakukan pemeriksaan pada kedua jenis herwan ternak tersebut di kandang penggemukan milik warga pada Senin (26/06/2023) tadi.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Kepala UPTD Puskeswan dan Perbibitan Balangan Akhmad Rizali, jika berkaca dengan Idul Adha tahun lalu jumlah hewan kurban yang disembelih pada idul adha sekitar 600 ekor.

Dikatakan Kabid Peternakan Hj Mariani mengatakan dalam pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, rata-rata kondisi hewan mayoritas dalam kondisi baik. Hanya beberapa ekor yang terlihat menunjukkan gejala cacingan. Kemudian temuan sapi yang sakit lang langsung diberi pengobatan dan diharapkan kondisinya semakin membaik.

“ Pemeriksaan kesehatan hewan ini dilakukan secara menyeluruh di setiap kecamatan, Dari DKP3 sendiri memiliki tim yang melakukan pemeriksaan dan sudah dilakukan setiap tahun menjelang Idul Adha. Termasuk saat penyembelihan hewan ternak nanti saat Idul Adha, juga akan dilakukan pemeriksaan kondisi organ dalam ternak sebelum dibagikan kepada masyarakat,” ungkap Marian.

Dirinya juga meinta masyarakat untuk tidak perlu was-was dalam mengkonsumi sapi kurban yang telah diperiksa dan dianggap layak konsumsi. (Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال