Mengenal Teddy Kardin, Empu Pisau Militer Asal Indonesia yang Diakui Dunia

Teddy Kardin seorang geologi yang handal  membuat pisau survival untuk militer Dunia. Foto/IST .

POSSINDO.COM, Ragam - Salah satu karya anak bangsa, Teddy Sutadi Kardin membuat pisau yang telah diakui pasar global bahkan militer Amerika Serikat. Nama 'T.Kardin' masih disematkan pada pisau buatan pria jebolan Institut Teknologi Bandung jurusan Geologi ini.

Awal mula, seusai menamatkan pendidikan, Teddy Kardin memilih berprofesi sebagai Geolog pada era 1970-an. Berkat kariernya tersebut, dia mampu meraih ribuan dollar Amerika Serikat, di bidang usaha tambang dan minyak.

Sebagai seorang geolog, membuat Teddy kerap keluar-masuk hutan sehingga memang mengharuskan dirinya harus memiliki senjata tajam yang mumpuni dan mudah dibawa. Saat berencana membeli pisau untuk bertugas di lapangan, ternyata harga di pasaran terpaut sangat mahal.

Hingga akhirnya Teddy mencoba untuk membuat pisaunya sendiri dengan bahan per mobil. Ternyata kualitas kekuatan dan ketajamannya cukup bagus. Melalui ketidaksengajaan, Teddy yang mulai membuat pisau sendiri dan mencintai buatannya, serta dibanjiri pujian orang sekitar.

Mulai Serius Memproduksi Pisau Untuk Militer

Teddy pun mulai serius menggeluti pembuatan pisah hingga berhasil menempa pisau survival, pisau komando, pisau berburu, pisau jenis skinner, pisau khas Nepal yang disebut Kukri, golok, katana, hingga pisau dapur.

Selain itu ada pula pisau jenis Kujang dan Badik, bengkel pisau Teddy yang terletak di Bandung itu juga membuat pisau dengan standar khusus untuk kalangan militer. Pisau hasil karyanya telah sesuai dengan standar AISI (American Iron Standard Institute).

Pisau dari bengkel bernama T.Kardin telah menjadi langganan dan pemasok bagi anggota militer di berbagai belahan dunia, seperti Marinir TNI AL, Paskhas, dan Kopasus.

emudian ada pasukan khusus Green Beret Airborne AS pasukan khusus Yordania, prajurit komando AS, serta anggota militer lain.

"Kerajaan Yordania pada tahun 2013 juga pernah memesan 1200 bilah pisau kepada kami," ujar Teddy.

Hingga dikagumi oleh Sersan Curtis Lovito yang terkejut ketika pisau Fairbarn Sykes Dagger (pisau pasukan SAS Inggris) bisa diproduksi ulang di Indonesia. Saat ditunjukkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Keahlian Teddy dalam membuat pisau tempa, sampai dia pernah dijuluki sebagai 'Empu Pisau Indonesia'. (Redaksi)

Sumber : Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال