Minta Wasapadai Karhutla, Plt Bupati Kapuas Instruksikan Camat dan Kades Lakukan Langkah Ini

Pemkab Kapuas Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat memimpin Rapat Koordinasi meminta agar camat kades melakukan langkah intensif pencegahan Karhutla. Foto/IST


POSSINDO.COM, Kapuas -Prakiraan BMKG, Musim Kemarau kering bakal melanda wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Juni hingga September 2023.

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor  terkait dengan ancaman karhutla ini, menghimbau kepada Stake Holder terkait juga para Camat dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Kapuas untuk mengantisipasi karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas.

Dalam hal ini, Nafiah meminta kepada Camat dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Kapuas untuk mengkoordinasikan serta melakukan langkah intensif upaya pencegahan dini  kehutla melalui kegiatan sosialisasi atau imbauan kepada masyarakat, terutama bagi pemilik lahan agar tidak membakar lahan secara sembarangan pada musim kemarau.

Kemudian membentuk dan mengaktifkan Satgas penanganan karhutla dari tingkat Kecamatan sampai ke Desa/Kelurahan dengan melibatkan Unsur Tripika, Babinsa, Babinkantibmas, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan relawan dengan selalu berkoordinasi dengan Satgas tingkat Kabupaten atau melalui BPBD Kapuas.

“Camat dan Kepala Desa/Lurah beserta jajarannya agar rajin melalukan patroli dan pemantauan secara rutin ke wilayah yang rawan serta melakukan tindakan cepat jika terdapat potensi sekecil apapun yang dapat menimbulka karhutla ,” tutur Nafiah, saat memimpin Rapat Koordinasi belum lama ini.

Masih dalam imbauannya, Bupati Kapuas juga meminta agar Camat dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Kapuas menyampaikan laporan secara rutin mengenai situasi dan kondisi serta upaya yang dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah masing-masing.

Laporan ini disampaikan secara berjenjang kepada Bupati Kapuas melalui Satgas Penanggulangan karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas yang berada di Kantor BPBD Kapuas Jalan Kasturi Nomor 10 Desa Pulau Telo Kuala Kapuas.


Kemudian kepada Camat, Lurah, Kepala Desa, Danramil/Kapolsek, Babinsa/Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Adat dan Tokoh Masyarakat, Sekda Kapuas meminta agar harus berpartisipasi/berperan aktif dalam memberikan sosialisasi, terutama kepada para Camat untuk rajin-rajin turun ke desa meninjau desa - desa yang ada untuk memantau apakah ada hotspot di wilayahnya masing-masing.(glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال