Pemkab Balangan Gelar Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila

Bupati Balangan disela-sela pelaksanakan apel peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin (05/6/2023) di Halaman Kantor Bupati Balangan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan - Pemerintah Kabupaten Balangan melaksanakan apel peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin (05/6/2023 ) di Halaman Kantor Bupati Balangan. Apel dipimpin langsung Bupati Balangan H.Abdul Hadi dan dihadiri Forkopinda serta jajaran Pemerintah Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan H.Abdul Hadi selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. Dalam amanatnya Jokowi menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai – nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar,pandangan hidup bangsa ,dasar negara ideologi kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum Negara.

Ditambahkannya, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara yang menyatukan berbagai keragaman. Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni , memiliki makna bagi rayat dan bangsa Indonesia ,tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa ,namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari – hari.

“Sudah selayaknya kita semua bangga Indonesia mengaktualisasikan Pancasila sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Diterangkannya, pancasila mengandung nilai – nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal ,serta pengalaman religius bangsa Indonesia dengan demikian Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat, baik secara filsafat,politis,historis,maupun kultural . (Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال