Peran Penting POKDARWIS Dalam Dorong Kemajuan Wisata

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pulang Pisau, Bakhzar Effendi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Upaya untuk menghidupkan sektor pariwisata di Pulang Pisau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau berencana akan menghidupkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk di sejumlah desa dan kelurahan di wilayah kabupaten itu. Hal tersebut di sampaikan Kepala Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pulang Pisau Kalimantan Tengah Bakhzar Effendi pada Sabtu (10/6/2023) tadi.

Pokdarwis merupakan lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona,” Ungkap Bakhzar

Sehingga dengan diaktifkannya kembali Pokdarwis, diharapkan sektor pariwisata kembali hidup dan mampu memacu perekonomian warga di desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Apalagi masih banyak potensi pariwisata di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang belum tergarap maksimal, seperti wisata kuliner dan wisata alam.

“Harapan kita agar Poldarwis bisa mengambil peran dalam memajukan potensi desa dan kelurahan yang ada di Pulpis. Sebelumnya memang sudah terbentuk beberapa Pokdarwis yang tersebar di 8 Kecamatan Pulang Pisau. Namun memang ada yang aktif ada juga yang belum maksimal sehingga perlu dukungan,” ujarnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال