Plt Bupati Kapuas Imbau Kades Waspadai Karhutla

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor meminta SOPD terkait, Camat dan Kades untuk bisa saling bersinergi dalam Pencegahan Karhutla. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kuala Kapuas - Camat dan kepala desa (kades) di wilayah Kabupaten Kapuas diminta aktif dalam mengantisipasi dan intensif pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di daerah setempat. Hal itu disampaikan, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor pada Sabtu (24/06/2023) tadi.

Dikatakan dirinya dalam pencegahan diperlukan sinergi dari para stakeholder terkait, baik itu SOPD, para Camat dan kades sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan sigap. Terlebih dikatakan Nafiah tahun ini potensi karhutla bisa saja kembali mengancam jika tidak segera dicegah.

"Saya meminta kepada camat dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Kapuas untuk mengkoordinasikan serta melakukan langkah intensif upaya pencegahan dini melalui kegiatan sosialisasi atau imbauan kepada masyarakat, terutama bagi pemilik lahan agar tidak membakar lahan secara sembarangan pada musim kemarau," Imbau Nafiah.

Dirinya juga memberikan apresiasi atas terbentuknya Satgas penanganan Karhutla dari tingkat kecamatan sampai ke desa/kelurahan dengan melibatkan unsur tripika, Babinsa, Bhabinkantibmas, tokoh adat, tokoh masyarakat dan relawan dengan selalu berkoordinasi dengan Satgas tingkat Kabupaten atau melalui BPBD Kapuas.

“Camat dan Kepala Desa/Lurah beserta jajarannya agar rajin melalukan patroli dan pemantauan secara rutin kewilayah yang rawan serta melakukan tindakan cepat jika terdapat potensi sekecil apapun yang dapat menimbulkan Karhutla,” tukasnya. (Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال