5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tidak Cepat Rusak

Baterai Merupakan Salah Satu Komponen Paling Penting dalam Laptop. Foto/Net

POSSINDO.COM, Ragam -Baterai merupakan salah satu komponen paling penting dalam laptop, dengan melakukan perawatan yang tepat, sewaktunian dapat memaksimalkan masa pakai baterai serta mencegah kerusakan yang tidak diinginkan pada laptop.

Laptop telah menjadi bagian penting dari kehidupan modern, sebagai alat yang tak tergantikan untuk produktivitas, hiburan, dan aktivitas lainnya.

Oleh karena itu, menjaga laptop dalam kondisi optimal adalah suatu keharusan agar perangkat tersebut dapat terus berfungsi secara efisien dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

1. Hindari overcharging

Jangan biarkan laptop tetap terhubung dengan adaptor daya terus-menerus setelah baterai sepenuhnya terisi. Karena dapat menyebabkan overcharging yang dapat merusak baterai dalam jangka panjang.

Cabut charger setelah baterai sudah penuh atau gunakan fitur pengaturan daya untuk menghindari pengisian berlebih.

2. Jaga suhu

Hindari menggunakan laptop dalam suhu yang sangat panas, karena suhu tinggi dapat merusa baterai. Pastikan laptop tidak terpapar sinar matahari langsung dan letakkan di permukaan yang datar dan tidak berlapis, sehingga ventilasi bawah laptop tetap lancar.

3. Hindari pengosongan total baterai

Jika memungkinkan, hindari mengosongkan baterai laptop hingga habis. Jaga agar baterai tetap berada pada kisaran 20-80% untuk memperpanjang masa pakai baterai.

4. Atur pengaturan daya

Sesuaikan pengaturan daya laptop agar hemat daya. Sewaktunian dapat mengatur agar layar mati lebih cepat ketika tidak digunakan, mengurangi kecerahan layar, atau mematikan fitur yang tidak diperlukan seperti Wifi atau Bluetooth jika tidak digunakan.

5. Matikan aplikasi berat

Hindari menjalankan aplikasi berat atau proses yang membutuhkan daya tinggi saat laptop berjalan dengan baterai.

Jika menggunakan aplikasi berat pada laptop dapat mempercepat konsumsi daya baterai dan mengurangi umur baterai.

Sumber : sewaktu.com

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال