5 Tips Menjaga Produktivitas Saat Bekerja

Suasana Lingkuan Kerja.Foto/Net

POSSINDO.COM, Ragam -Produktivitas adalah kemampuan untuk memberikan hasil pekerjaan yang baik dan sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Produktivitas tiap karyawan bisa berdampak pada kelancaran kerja tim dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Inilah yang menjadi alasan produktivitas penting untuk dijaga oleh para pekerja.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga produktivitas tetap terjaga saat bekerja:

1. Membuang rasa malas

Rasa malas merupakan salah satu hal yang bisa memengaruhi produktivitas kerja. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat daftar prioritas pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam waktu dekat. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat bekerja dan pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

2. Menjauhi hal yang mengganggu konsentrasi bekerja

Kurangnya konsentrasi juga bisa menurunkan produktivitas kerja. Anda disarankan untuk menjauhi hal yang bisa mengganggu konsentrasi selama bekerja, salah satunya membuka media sosial.

Sebenarnya, membuka media sosial sesekali di kantor tidak selalu menghambat produktivitas, asalkan dilakukan pada waktu yang tepat, misalnya saat istirahat atau ketika pekerjaan harian telah selesai.

3. Membangun kerja sama tim yang baik

Studi menyatakan bahwa kerja sama tim yang baik dapat meningkatkan produktivitas pekerja yang terlibat di dalamnya. Untuk membangun hal ini, komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan maupun ke sesama pekerja perlu dijaga.

Sebagai contoh, bila Anda belum mengerti sepenuhnya tugas yang akan dikerjakan, tidak ada salahnya untuk mencari solusi atau mendiskusikannya dengan manajer maupun rekan kerja satu tim.

4. Menciptakan suasana kerja yang nyaman

Suasana kerja yang nyaman akan sangat mendukung konsentrasi dan dapat meningkatkan motivasi. Guna mendapatkannya, Anda bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti menjaga kebersihan meja kerja.

Apabila Anda sudah merasa pegal di punggung akibat terlalu lama duduk, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk stretching atau berjalan santai mengelilingi area kerja.

5. Menjaga kesehatan

Kondisi kesehatan yang tidak prima, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental, dapat menyebabkan produktivitas kerja menurun. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan begizi, rutin berolahraga, tidur yang cukup,,dan mengelola stress dengan baik.

Sumber : alodokter.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال