BPBD Balangan Gelar Bimtek Peningkatkan Kapasitas Personil Damkar

Bimtek Damkar BPBD Balangan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan - BPBD Kabupaten Balangan menggelar Bimtek peningkatan kapasitas personil pemadam kebakaran (damkar) se-Kabupaten Balangan tahun 2023 selama dua hari yaitu tanggal 3-4 Juni 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi mengatakan, selama dua hari tersebut personel damkar diberikan pembekalan tentang materi seputar kebakaran, mulai dari langkah awal, penanganan serta pasca.

Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa personil damkar ini sangat berperan dalam menanggulangi musibah kebakaran baik pemukiman atau juga karhutla, karena keberadaannya yang stanby di tempatnya masing-masing.

“BPBD Balangan selalu berkoodinasi dengan personil damkar jika terjadi kebakaran, mereka sangat berperan andil untuk bisa cepat sampai ke lokasi kebakaran, agar penanganan lebih maksimal maka diperlukan bimtek ini,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menjamin kesiapan personil pemadam kebakaran di Kabupaten Balangan.

Adapun beberapa materi yang diberikan di antaranya pedoman, Standar dan Prosedur Teknis di bidang Penanggulangan Kebakaran, kemudian pengenalan dan perawatan alat pemadam kebakaran.

“Serta praktek lapangan simulasi skenario penanggulangan kebakaran dan penyelamatan kepada korban,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa tugas pokok dan fungsi (tusi) Damkar yakni pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan Bahan Berbahaya dan Beracun.

Sementara itu, damkar juga mempunyai kewenangan terkait pencegahan, pengendalian, pemadaman, penyelamatan dan penanganan, inspeksi peralatan proteksi kebakaran, investigasi kejadian kebakaran dan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran.

“Kami mengharapkan dengan adanya bimtek ini lebih mempertajam dan memperkuat posisi BPBD Balangan bersama damkar dalam upaya penanganan kebencanaan, terutama kebakaran,” pungkasnya. (Wahid) 

 

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال