Bukit Matang Kaladan, Pariwisata Unggulan di Kalimantan Selatan

Suasana sunrise di Bukit Matang Kaladan. Benar-benar indah menawan. Foto/ IG @harris_jaya_skd)

POSSINDO.COM, Wisata -Objek wisata Matang Kaladan di Kalsel saat ini kian banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, lantaran menyajikan keindahan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Matang Kaladan merupakan sebuah gunung yang secara teritorial terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, yang mulai dikenal dan ramai dikunjungi para pelancong sejak tahun 2015 lalu, setelah foto pemandangan yang sekilas mirip Raja Ampat ini viral di media sosial.

Tidak hanya menyajikan keindahan panorama pemandangan dari ketinggian saja, perjalanan untuk mencapai puncak Matang Kaladan juga sangat menantang pendaki.

Jika berangkat dari Kota Martapura, Ibukota Kabupaten Banjar, wisatawan harus menempuh perjalanan darat sekitar 30 menit menuju dermaga Desa Tiwingan Lama.

Akses jalan ke sana, saat ini sudah beraspal mulus dan jalurnya besar. Hal tersebut kian memudahkan wisatawan yang datang menggunakan mobil atau sepeda motor untuk bisa tiba ke dermaga Desa Tiwingan Lama di lokasi Waduk PLTA Riam Kanan.

Dari dermaga Desa Tiwingan Lama, barulah rute menantang dimulai. Wisatawan harus mendaki tebing curam dengan menapaki ribuan anak tangga setinggi 400 meter. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan perjalanan cinta seribu anak tangga.

Selama mendaki dengan menapaki ribuan anak tangga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, wisatawan sudah disajikan pemandangan menakjubkan seperti dapat menyaksikan aktivitas ilir mudik perahu motoryang menjadi alat transportasi utama warga sekitar dalam mengarungi Waduk Riam Kanan

Namun, bagi wisatawan yang malas mendaki anak tangga, di sana juga sudah disiapkan ojek motor. Cukup merogoh kocek Rp 20.000, ojek motor siap mengantar pendatang mencapai puncak Matang Kaladan, tanpa harus merasakan lelah dan meneteskan keringat.

Sumber : tribunnews.com/banjarmasinpost

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال