Bupati Balangan Hadir di Mesiwah Pare Gumboh Ke-5

Bupati Balangan, H Abdul Hadi saat berfoto bersama dengan masyarakat adat Desa Liyu dalam kegiatan Mesiwah Pare Gumboh ke-5 di Halaman Balai Adat, Desa Liyu Kecamatan Halong pada jumat (21/07/2023) tadi. Foto/IST


POSSINDO.COM, Balangan - Bupati Balangan H. Abdul Hadi hadir di Pembukaan Mesiwah Pare Gumboh ke-5 bertempat di Halaman Balai Adat, Desa Liyu Kecamatan Halong pada jumat (21/07/2023) tadi. 

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di kabupaten berjuluk bumi sanggam tersebut memberikan apresiasi pada seluruh unsur desa yang telah memelihara adat dan budaya, menjadikan event ini wisata kebanggaan Liyu dan Masyarakat Balangan.

“Tentu saja apresiasi kita berikan kepada seluruh kalangan masyarakat yang berpartisipasi mencakup semua golongan usia, muda dewasa maupun orang tua untuk kelestarian adat kita, karena kawula muda akan melanjutkan di masa-masa yang mendatang dan insya Allah akan mewariskan kepada generasi berikutnya,” ujar Bupati Abdul Hadi.

Dirinya juga meminta, agar event budaya Mesiwah Pare Gumboh selanjutnya dapat dilaksanakan dengan lebih meriah dan lebih meningkat lagi. Terlebih Mesiwah pare gumboh sendiri selama ini sudah menjadi acara adat, pesta syukuran berupa panen oleh suku dayak deah di Desa Liyu Kecamatan Halong yang sudah dinantikan warga setempat.

“Ini merupakan suatu kearifan lokal yang harus tetap terjaga karena penuh dengan makna dan pesan pada mahluk untuk selalu bersyukur dan menjaga alam dan lingkungan. Kedepan kita mendukung acara seperti ini,” tukasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال