Camat Kahayan Tengah Sebut Pencegahan Karhutla Harus Dilakukan Bersama

Camat Kahayan Tengah, Siswo. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Camat Kahayan Tengah, Siswo mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai dan mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Kahayan Tengah. Hal tersebut disampaikan Siswo pada Kamis (06/7/2023) tadi.

Di katakan Camat Siswo pihaknya saat ini bersama TNI/ POLRI serta instansi terkait lainnya Tengah menggencarkan Upaya sosialisasi pencegahan karhutla pada setiap desa yang ada. Khususnya agar pihak desa bisa mempersiapkan diri melakukan Upaya pencegahan kepada warganya.

“Kami terus melakukan koordinasi dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan pencegahan karhutla. Salah satunya dengan memberikan imbauan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena rawan terjadi kebakaran. Terlebih di musim kemarau saat ini,"ucap Siswo.

Dikatakan dirinya lagi, sebanyak 14 desa yang ada di Kecamatan Kahayan Tengah hampir seluruhnya dipastikan memiliki tingkat titik kerawanan terjadinya Karhutla. Sementara itu, ada dua desa yang memiliki tekstur tanah gambut tinggi yaitu Desa Tanjung Sanggalang dan Desa Penda Barania.

Siswo berharap, masyarakat bisa saling menjaga dan tidak lalai dalam kewaspadaan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Upaya sosialisasi disetiap Desa yang ada di Kecamatan Kahayan Tengah juga terus digerakkan.

"Semua Desa berpotensi terjadi Kathutla, sehingga perlu adanya kesadaran masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di saat berkebun atau membuka lahan. Karena itu perlu adanya koordinasi dari semua pihak dari desa, kecamatan hingga pihak-pihak terkait,"jelasnya. (sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال