Disperindagkop Pulang Pisau Pastikan Harga dan Ketersediaan Minyak Goreng Aman

 

Kepala Disperindagkop Kabupaten Pulang Pisau, Elieser Jaya. Foto/ IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Pulang Pisau Elieser Jaya (31/5/2023) memastikan ketersediaan dan harga jual minyak goreng di kabupaten setempat masih stabil dan aman serta sampai saat ini belum ada terjadinya lonjakan kenaikan harga yang signifikan menjelang hari raya Idul Adha 1444 H.

"Hasil pantauan tim Disperindagkop setempat di lapangan, untuk ketersediaan minyak goreng khususnya minyak curah subsidi masih aman. Bisa dipastikan hingga memasuki masa lebaran Idul Adha 1444 Hijriah tidak mempengaruhi harga jual dipasaran dan masyarakat tidak akan mengalami kekurangan," kata Elieser Jaya.

Menurutnya, kenaikan memang menjadi tren harga pada saat ini di sejumlah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau belum ada tanda-tanda terjadinya kenaikan harga. Berbeda seperti di tahun sebelumnya usai terjadinya lonjakan pada beberapa waktu lalu tidak sedikit masyarakat yang mengalami dampak kenaikan harganya, bahkan kenaikan harga tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Menangani ketersediaan minyak goreng ini, lanjut Elieser, apabila kondisinya diharuskan, Disperindagkop Pulang Pisau segera mungkin melakukan pengadaan minyak goreng curah lagi seperti sebelumnya.

Selain minyak goreng, terang Elieser, kenaikan kebutuhan harga bahan pokok lainnya juga terpantau stabil. Hanya saja, kenaikan harga sempat terjadi pada ayam potong di pasaran hingga mencapai sebesar Rp42.000,- per kilogram. Kenaikan harga tidak berlangsung lama, karena beberapa hari selanjutnya turun menjadi Rp40.000,- per kilogram.

Elieser tidak menampik,  bahwa setiap ada kebaikan harga bahan pokok bisa memberatkan masyarakat. Untuk itu, pihaknya juga akan terus berupaya melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kenaikan harga bahan pokok.

Dirinya juga berharap, semoga tren harga jual bahan pokok disetiap pasar yang ada di Kabupaten Pulang Pisau tetap stabil jelang hingga setelah lebaran Idul Adha 1444 Hijriah.

Perlu diketahui untuk saat ini harga jual minyak goreng curah di pasaran masih berada di kisaran Rp16.250,- per liter. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan ekonomis harga jual Rp14.000,- hingga Rp25.000,- per liter. Untuk minyak gorang curah 2 liter dijual dengan kisaran harga Rp35.000-Rp50.000 dan kedua jenis ukuran kedua minyak goreng ini masih mudah ditemui di setiap pasar, baik modern maupun pasar tradisional. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال