IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Jadi 5% di 2024

Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. IMF.Foto/Net

POSSINDO.COM Ekonomi -Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun politik, 2024. Hal ini terungkap dalam laporan terbaru World Economic Outlook edisi Juli yang berjudul Near-Term Resilience, Persistent Challenges yang dirilis, Selasa malam (25/7/2023).

Lembaga moneter dunia ini memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2024 dari 5,1% menjadi 5%. Sementara itu, IMF tetap memasang perkiraan 5% untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini.

Pemangkasan proyeksi ini belum dipaparkan secara terperinci berdasarkan wilayah. Namun, IMF mellihat adanya pelemahan pertumbuhan bagi negara-negara yang ekspornya bergantung pada komoditas.

Kepala ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas mengungkapkan kawasan Asia akan tumbuh kuat 5,3% pada tahun ini tetapi negara-negara penghasil komoditas akan 'menderita' karena melemahnya ekspor.

Apa yang dikhawatirkan IMF sebenarnya telah terbaca di Tanah Air. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui Indonesia mulai terkena dampak dari pelemahan ekonomi global. Hal ini langsung terlihat pada data ekspor pada Juni 2023 yang turun 21,2% secara year on year (yoy).

 

Sumber : cnbcindonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال