Kapan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Dibuka, Simak Informasinya

Ilustrasi Pegawi Negeri Sipil. Foto/ rakyatbentideng.disway.

POSSINDO.COM, Nasional -CPNS merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil. Sementara PPPK merupakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Lowongan. CPNS 2023 dan PPPK akan dibuka September mendatang. Ada satu juta lebih formasi yang bisa dilamar sesuai kualifikasi.

Mengutip dari detik.com, rekrutmen tersebut akan dibuka mulai September 2023 seperti yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. Saat ini, rekrutmen CPNS 2023 dan PPPK masih dalam tahap validasi data."September nanti, kan ini masih divalidasi dan seterusnya," kata Anas saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Ada 1.030.751 formasi yang akan dibuka. Satu juta lebih formasi tersebut tersebar di berbagai kementerian/lembaga (KL) dan pemerintah daerah (Pemda).
Di mana 80 persen formasi untuk mengakomodir tenaga honorer menjadi PPPK. Sementara 20 persen sisanya untuk fresh graduate yang ingin menjadi ASN. "Ini untuk mengakomodir harapan publik terkait dengan fresh graduate untuk bisa ditampung di ASN, supaya tidak hanya menyelesaikan honorer," terang Anas. "Di sisi lain honorer kita prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah," imbuhnya.

Untuk fresh graduate, akan diprioritaskan yang memiliki talenta digital. Anas mengingatkan kualifikasi untuk fresh graduate akan sangat tinggi. "Untuk yang fresh graduate akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi posisi yang ada yang dibutuhkan KL dan Pemda," ujar Anas.

Sumber : detikjatim-detik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال