Maksimalkan Layanan Data, Dinsos Pulpis Sosialisasi Pengelolaan DTKS

Kepala Dinsos Pulang Pisau Eknamensi Tawun didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial dan PFM, Afrini FF Wior saat menggelar  sosialisasi peningkatan kapasitas operator desa dalam pengelolaan DTKS dalam Aplikasi SIKS-NG di aula Kantor Kecamatan Kahayan Tengah. Foto/IST


POSSINDO.COM, Pulang Pisau, - Untuk meningkatkan kapasitas operator desa dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Aplikasi SIKS-NG. Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinsos Pulpis menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas operator desa di Kecamatan Kahayan Tengah pada beberapa hari lalu.

Dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau Eknamensi Tawun pada Rabu (26/07/2023) jika kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas operator desa sangat vital dan penting dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dalam Aplikasi SIKS-NG. Terlebih DTKS sendiri adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengelola, dan memanfaatkan data mengenai penerima bantuan sosial secara terintegrasi.

"Kegiatan sosialisasi ini sangat vital dan menyoroti tentang pentingnya peningkatan kapasitas operator desa dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), " ucap Eknamensi Tawun saat memberikan arahan pada kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas operator desa DTKS di aula kantor Kecamatan Kahayan Tengah.

Pria yang akrab disapa Tawun itu menjelaskan bahwa DTKS yang ada dalam Aplikasi SIKS-NG adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengelola, dan memanfaatkan data mengenai penerima bantuan sosial secara terintegrasi. Data ini kata Tawun, sangatlah berharga, karena menjadi dasar bagi kita dalam menyusun program-program bantuan sosial yang lebih tepat sasaran, efisien, dan efektif.

"Sehingga diharapkan bantuan sosial yang kita salurkan dapat mencapai sasaran yang tepat, yaitu mereka yang memang benar-benar membutuhkan. Agar bisa maksimal diperlukan peran aktif dan peningkatan kapasitas dari para operator desa yang terlibat dalam pengelolaan DTKS. Para kata Tawun, operator desa memiliki peran strategis dalam memastikan data yang tercatat dalam sistem ini akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Tawun berharap kepada para operator desa agar memahami sepenuhnya pentingnya DTKS. Karena data yang tepat dan akurat akan memberikan dampak yang positif pada kehidupan masyarakat yang membutuhkan.

"Mari tingkatkan kesadaran kita bersama tentang bagaimana data yang benar-benar terintegrasi dapat membantu dalam mengefisiensikan distribusi bantuan sosial, " tandasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال