Membanggakan ! Pulang Pisau Terbesar Kedua Populasi Sapi Se-Kalteng

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis, Ibrahim pada Jumat (21/07/2023) tadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Populasi ternak sapi di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terbesar kedua di Kalimantan Tengah. Dikatakan Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis, Ibrahim pada Jumat (21/07/2023) tadi bahwa untuk populasi ternak sapi terbesar di Kalteng yakni Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Sebelumnya, pada tahun 2010 hingga tahun 2017 Kabupaten Pulpis merupakan daerah dengan populasi ternak sapi terbesar di Kalteng. Namun sekarang sudah disalip Kobar. Ini didasarkan dari ketersediaan rumput atau hIjauan pakan ternak. Artinya, ketersediaan pakan ternak di Kabupaten Pulpis mampu untuk 62.000 ekor sapi,” ujar Ibrahim.

Berbicara potensi, lanjut Ibrahim mengungkapkan di Kabupaten Pulpis bisa menampung 62.000 ekor sapi. Namun jumlah populasi ternak sapi di Kabupaten Pulpis saat ini, sudah mencapai 10.000 ekor. Sehingga dengan potensi ketersediaan hijauan, masih ada kekurangan 52.000 ekor sapi.

“Populasi ternak sapi di Kabupaten Pulpis tersebar di 4 kecamatan. Yakni, Kecamatan Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu dan Kecamatan Kahayan Kuala. “Di 4 kecamatan tersebutlah sentra populasi ternak sapi. Sementara untuk pola peternakan bisa melalui penggemukan dan pembibitan,” tukasnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال