Perbaikan Ekosistem Air Sungai Jadi Tugas Semua Pihak

Anggota DPRD Pulang Pisau, M Yamin. Foto/IST

POS SINDO.COM, Pulang Pisau- Untuk kembali memperbaiki ekosistem ikan air tawar Anggota DPRD Pulang Pisau, M Yamin pada Jumat (14/07/2023) tadi meminta semua pihak untuk turut menjaga kebersihan sungai dari sampah. Tidak hanya itu, politisi PKB Pulpis juga meminta pemerintah Daerah untuk mulai membiakan anakan ikan sungai agar berkembang biak.

"Pertama kita jaga kebersihan sungai, sampah- sampah yang ada di sungai diangkat. Kemudian jangan membuang sampah plastik ke sungai. Kemudian mari kita mulai melepas anakan ikan yang sesuai dengan habibat ikan agar bisa tumbuh dan berkembang. Upaya ini memang tidak mudah, perlu waktu panjang. Namun jika komitmen maka hasilnya akan bisa dinikmati kemudian hari," Ujar H.Yamin.

Dirinya mencontohkan jika dulu jenis ikan sungai seperti baung, patin, belida dan jelawat banyak sekali populasinya di sepanjang Sungai yang ada di Pulang Pisau. Namun seiring berkembangnya jumlah penduduk, muncul penangkapan dengan racun ikan dan setrum yang tidak terkontrol, sehingga populasi ikan jadi berkurang

"Untuk itu marilah kita melakukan upaya pemulihan agar ikan-ikan sungai bisa kembali berkembang. Upaya ini harus dilakukan secara serius, untuk dinas perikanan harus memperkuat tehnik- tehnik budidaya." tuturnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال