4 Dampak Negatif Teknologi Informasi di Era Globalisasi

Ilustrasi Orang Bermain Handphone. Foto/Net

POSSINDO.COM, Ragam -Di era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi sebuah alat yang efektif dalam kehidupan sehari-hari. Batas-batas negara menjadi hilang (borderless nations) yang mendukung perkembangannya pendidikan, bisnis, dan media. Namun, terdapat dampak negatif teknologi informasi yang perlu dipahami.

Dampak negatif seringkali muncul ketika nalar dan kemampuan seseorang belum memadai atau tidak siap mengikuti perkembangan tersebut. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih jauh juga dapat melahirkan kejahatan daring.

Teknologi memberikan kemudahan pada berbagai aspek kehidupan. Mayoritas masyarakat saat ini sangat bergantung pada teknologi untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Namun, selain berdampak positif, teknologi juga memberikan dampak negatif.

Tanggung jawab moral diperlukan sebagai dasar dalam menggunakan teknologi informasi di era globalisasi. Dikutip dari buku Mahir Berkomputer: Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas VII SMP, Lia Kuswayatno, dkk, pengguna juga harus memanfaatkannya dengan dasar nilai-nilai etika, estetika, dan kearifan untuk meminimalisir dampaknya.

1. Ketergantungan

Tidak jarang seseorang menjadi ketergantungan akan teknologi yang berlebihan. Hal tersebut dapat membuat kualitas SDM yang menurun karena tidak dapat fokus mengerjakan hal lain.

ADVERTISEMENT

2. Pemeliharaan

Kemajuan teknologi masih terbatas pada kesalahan dan error. Proses pemeliharaan dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut, tetap akan membutuhkan waktu yang lama.

3. Pencurian dan Peretasan Data

Data memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pencurian dan peretasan data sangat sering terjadi sebagai suatu bentuk kejahatan daring. Hal tersebut pastinya merugikan karena data diri dapat dimanfaatkan untuk perbuatan yang tidak sesuai dengan hukum.

4. Anti-sosial

Internet yang digunakan sebagai media sosial memang memudahkan untuk berkomunikasi jarak jauh, tetapi teknologi informasi juga dapat menghilangkan budaya sosialisasi dan komunikasi secara langsung. Kebanyakan orang cenderung lebih tertarik dengan apa yang terjadi di dunia maya dan menjadi kurang peduli dengan lingkungan sosialnya.

Pada dasarnya terdapat banyak dampak negatif teknologi informasi yang muncul apabila seseorang belum mampu untuk mengikuti perkembangan. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan internet secara bijak guna menghindari hal-hal tersebut. Semog informasi di atas dapat menambah wawasan!

Sumber : kumparan.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال