Cegah Kanker Mematikan pada Pria dengan Olahraga Kardio

Penelitian Terbaru Menemukan Bahwa Olahraga Kardio Dapat Membantu Pria Mencegah Beberapa Jenis Kanker Mematikan.. Foto/Goodmenproject

POSSINDO.COM, Ragam -Menurut penelitian yang diterbitkan di JAMA Network Open itu, tingkat olahraga kardio yang lebih tinggi berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat kanker paru-paru, kanker prostat, atau kanker usus besar.
 
Latihan kardio sendiri termasuk berjalan, berlari, berenang, bersepeda, dan aktivitas lain yang meningkatkan detak jantung dan membuat Anda bernapas lebih keras.

 
Para peneliti dari The Swedish School of Sport and Health Sciences mengamati data dari 177.709 pria Swedia yang berusia antara 18 hingga 75 tahun dengan selama hampir 10 tahun masa tindak lanjut.

Mereka membandingkan kebugaran kardio pernapasan mereka dengan risiko terkena atau meninggal akibat kanker paru-paru, usus besar dan prostat, tiga jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria.
 
Data yang dikumpulkan menunjukkan hasil pria yang memiliki tingkat kebugaran tertinggi memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah akibat kanker paru-paru, usus besar, atau prostat.
 
Setelah disesuaikan dengan faktor gaya hidup lainnya seperti pola makan, kondisi kesehatan lainnya, dan kebiasaan merokok, hasil penelitian masih menunjukkan bahwa partisipan dengan kebugaran kardio minimal sedang memiliki risiko kematian akibat kanker usus besar dan prostat yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor kebugaran terendah.
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan jantung sangat penting tak hanya untuk mencegah penyakit jantung, tetapi juga mencegah beberapa jenis kanker.


Para peneliti pun menyimpulkan melakukan lebih banyak aktivitas fisik, terutaman pada intensitas yang lebih tinggi, dapat bermanfaat dalam membantu mencegah penyakit mematikan seperti beberapa jenis kanker dan juga penyakit jantung.

Dengan melakukan kardio, dapat membantu meningkatkan kesehatan kardio pernapasan dari waktu ke waktu dan mengurangi risiko penyakit serta meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa menambahkan jalan kaki singkat dalam rutinitas harian Anda dapat mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال