Ini Langkah DPMD Kapuas demi Penguatan Kapasitas BUMDes

Kepala DPMD Kapuas, Budi Kurniawan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kuala Kapuas -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas berupaya melakukan penguatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang ada di wilayah tersebut.

Sejumlah langkah diambill, diantaranya dengan melakukan penjajakan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Kepala DPMD Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan kerangka kerjasama terkait dengan manajemen usaha dan penyusunan rencana bisnis (bussiness plan), pengelolaan dan penatausahaan/akuntansi BUMDes.

"Juga untuk kewirausahaan, kerjasama BUMDes sampai kepada marketing produk BUMDes," katanya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, pihak FEB ULM menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan hal itu juga merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat sesuai tujuan tri dharma perguruan tinggi.

Selain itu, lanjut Budi penjajakan kerjasama juga dilanjutkan lagi ke Politeknik Negeri Banjarmasin terkait dengan pengembangan kapasitas program Desa Cerdas khususnya utk pengembangan sistem informasi berbasis web, pengembangan data geospasial dan perencanaan desa berbasis sistem informasi geografis (GIS). 

Dalam kunjungan penjajakan tersebut, pihak Poliban sangat menyambut baik rencana kerjasama nantinya dalam bentuk pelatihan, pendampingan, web dan aplikasi developing serra pemagangan mahasiswa Poliban di desa-desa di wilayah Kabupaten Kapuas untuk mendukung program desa cerdas di Kabupaten Kapuas.

"Harapannya, melalui kerjasama ini nantinya, Pemerintah Desa dan BUMDes di Kabupaten Kapuas dapat meningkatkan kapasitas penyelenggara maupun kelembagaannya dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan program-program pemerintah yang sudah diamanatkan oleh Undang-Undang," ucapnya.(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال