Kebakaran Lahan di Kota Palangka Raya Semakin Meluas

Kebakaran Lahan Gambut Semakin Meluas di Kota Palangka Raya, Kalimatan Tengah, Minggu (13/8/2023). Foto/BPBD-Palangkaraya

POSSINDO.COM, Palangkaraya -Kebakaran lahan gambut semakin meluas di Kota Palangka Raya, Kalimatan Tengah, Minggu 13 Agustus 2023. Sedikitnya, 5 hektare lahan gambut yang berada di wilayah Kelurahan Petuk Ketimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, hangus terbakar.

Puluhan personel gabungan yang terdiri dari BPBD Kota Palangka Raya, petugas Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Manggala Agni, TNI-Polri, dan relawan, langsung dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

Derasnya hembusan angin dan banyaknya tumbuhan semak belukar yang mengering membuat kobaran api semakin membesar, disertai kepulan asap yang cukup tebal.

Memanfaatkan sumber air berupa parit di sekitar lahan gambut yang terbakar, petugas gabungan akhirnya berhasil memadamkan kobaran api setelah berjibaku kurang lebih hampir 3 jam.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan, kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya saat ini diduga akibat kesengajaan pemilik lahan yang ingin membersihkan lahannya.

"Peristiwa kebakaran lahan gambut di Kota Palangka Raya saat ini bisa tiga hingga empat kali kejadian di lokasi berbeda, bahkan dalam waktu yang bersamaan. Kami bersama satgas karhutla saling berbagi tugas untuk melakukan upaya pemadaman di beberapa lokasi," kata Emi.

Berdasarkan data sementara, sebut Emi, jumlah kebakaran lahan gambut di wilayah Kota Palangka Raya sampai saat ini mencapai 114 kali, dengan luas lahan yang terbakar telah mencapai 61,33 hektare. Sementara itu, aparat kepolisian saat ini masih terus melakukan upaya penyelidikan untuk mengungkap pelaku pembakaran lahan gambut tersebut.(Ndre/MC.Pky)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال