Kibarkan Merah Putih, Maknai Cinta Kepada Negeri

 

Foto/ Ilustrasi

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pulang Pisau Kalimantan Tengah Sugondo (8/8/2023) mengungkapkan pengibaran bendera merah putih selama satu bulan penuh pada bulan Agustus, bukan saja menyambut hari jadi Indonesia ke 78 tetapi dimaknai sebagai bentuk dari rasa kepedulian dan  kecintaan terhadap negeri ini.

Dirinya menjelaskan, bulan Agustus memiliki arti makna penting yaitu menumbuhkan rasa kebangsaan dan patriotisme seseorang kepada generasi muda. Selain itu, melatih kedisiplinan karena terdapat makna didalamnya yakni penghormatan atas jasa para pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Menurut Sugondo, momentum ini juga jangan sampai diabaikan. Seluruh lapisan masyarakat harus bisa memanfaatkan  bahwa setiap bulan Agustus mempunyai hari penting bersejarah negara ini.  Ia menyebut, ada banyak hikmah juga pelajaran yang bisa didapatkan apabila sebagai warga bangsa Indonesia baik mau peduli terhadap karena  bendera merah putih adalah salah satu simbol identitas negara ini.

Seperti saat ini, kata dia, bendera merah putih selalu berkibar di tengah suka cita rakyat Indonesia, setelah melalui masa-masa perjuangan yang sangat panjang di masa lalu dari para penjajah. Bendera merah putih juga sering dikibarkan saat upacara baik di sekolah, peringatan hari-hari besar, dan kegiatan lainnya.

Menurutnya, ada hal harus diketahui oleh masyarakat pengibaran bendera merah putih selain terdapat makna penting juga telah tertuang didalam Undang-Undang (UU). Bahwasanya ada sebuah aturan dalam pemasangan bendera merah putih yang benar tertuang dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Sugondo berharap, untuk masyarakat Kabupaten Pulang Pisau mau peduli untuk mengibarkan bendera merah putih didepan perkarangan rumah masing-masing. Mari kita bersama tunjukkan jiwa nasionalisme yaitu dengan memanfaatkan momentum untuk menyambut hari kemerdekaan. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Uploader: DUDENK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال